Grojogan Watu Purbo

Wisata Grojogan Watu Purbo Merdikorejo Tempel Sleman

Grojogan Watu Purbo merupakan sebuah Grojoan (air terjun) yang berada di aliran sungai Krasak di tepatnya dusun Bangun Rejo desa Merdikorejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta. Air terjun / Grojogan Watu Purbo terletak di aliran sungai Krasak ini memiliki keindahan dan sejuk juga suasananya. Grojokan dengan adanya air terjun di dam sungai yang berundak berjumlah 6 tingkat.

Grojogan Watu Purbo
Grojogan Watu Purbo Air Terjun bertingkat di Jogja (Foto Aji Nuryanto/anywe_id)

Jika pas anda beruntung bisa melihat view Gunung merapi yang sangat terbuka, terlihat dari puncak hingga kaki-kaki gunung merapi. View Merapi yang terbuka adalah bonus ketika anda berkunjung ke tempat ini, karena tidak setiap saat Gunung Merapi bisa dilihat secara utuh. Seringkali Gunung merapi tertutup awan sebagian atau seluruhnya. Namun demikian pengunjung tetap bisa menikmati mainan air di grojokan dan berfoto di Spot selfi yang luas disekitar Grojogan Watu Purbo ini.

Penampakan Grojogan Watu Purbo Terbaru

Berikut ini Video Grojogan Watu Purbo terbaru (akhir Maret 2021) yang diambil oleh Mas Aji yang diunggah di Kanal Youtube anywe_id. Hiburan air yang muarh meriah dan menyenangkan di Sleman, Jogja. video ini diambil menggunanan Drone.

Beberapa waktu lalu Wisata Grojogan Watu Purbo ini viral dengan penampakan air terjun bertingkat di Yogyakarta. Grojogan Watu Purbo yang punya 6 tingkat ini merupakan banguna buatan, bangunan dasar air terjun ini sudah ada semenjak tahun 1975. Mulai dikelola menjadi tempat wisata sejak tahun 2017 oleh Pokdarwis Bangunrejo, Tempel, Sleman, DIY. Perpaduan dari enam tingkat air terjun yang alirannya tidak terlalu deras membuat Grojogan Watu Purbo nampak indah dan dan mempesona dipandang mata.

Sejarah Grojogan Watu Purbo

Dibuat tahun 1975 hingga saat ini masih berdiri kokoh, berfungsi untuk meredam laju kecepatan lahar dingin. “Asal mula Grojogan Watu Purbo pada tahun 1975 merupakan proyek Merapi membangun sabo (dam) yang berfungsi untuk menahan aliran bila terjadi dampak dari erupsi Merapi atau juga lahar dingin. Pemandangan Grojogan Watu Purbo menjadi tambah lengkap ketika cuaca cerah, yaitu ketika bisa memandang gagahnya Gunung Merapi dari grojogan ini.

Menjadi obyek Wisata, Bupati Sleman waktu itu Bpk Sri Purnomo bersama Ketua DPRD Sleman Haris Sugiharta Sabtu (21/11/2020), meresmikan objek wisata Grojogan Watu Purbo yang berada di Bangunrejo, Merdikorejo, Tempel, Sleman. Peresmian objek wisata Grojogan Watu Purbo ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Sleman dan Ketua DPRD Sleman.

Review Grojogan Watu Purbo di Google Map

Pada Bulan Maret 2021 ada 1869 pengguna yang melakukan/menulis review di Peta Google pada lokasi ini. Rating Grojogan Watu Purbo dinilai rata-rata 4,5 dari skala 5.

Review dan rating Grojogan Watu Purbo di Google Map
Review Grojogan Watu Purbo di Google Map

“Tempat wisata Grojogan Watu Purbo mudah dicari lewat Google, akses jalan bagus, fasilitas pendukung sudah lengkap (parkiran motor/mobil/bus, warung, pendopo, toilet). Pada bulan Maret 2021 HTM seiklasnya dengan karcis parkir motor Rp 5.000 bisa main air, bisa jadi spot foto2, tujuan gowes juga OK”. Tulis Aryo di Review Google Map.

“Sebulan yang lalu (januari 2021) ke Tempat wisata Grojogan Watu Purbo yang murah meriah, HTM hanya 3000/orang. Akses jalan masuk dari pintu utama sudah bagus, yang belum bagus jalan akses pintu keluar sisi selatan, masih tanah bebatuan. Sangat cocok untuk yang suka berburu foto, bagus deh pokoknya. Fasilitas umum juga sudah tersedia dengan bagus : pendopo, kamar mandi, area parkir, mushola, warung makan, dll. Para pengurus tempat situ juga siap siaga, ada yang mengawasi sekitar, ada juga kemarin yang menyikat area air terjun supaya tidak licin saat pengunjung turun ke area air terjun.” Tulis Yunanto di di Review Google Map.

Info Wisata ini

  • Peta Lokasi : https://g.page/grojogan-watu-purbo-bangunrejo?share
  • HTM : Seiklhasnya (Maret 2021)
  • Pakir Sepeda Rp 2000,-. Kendaraan Roda2 : 5rb, Roda 4 : 10rb dan Bus Rp 20.000,-
  • Jam Buka : setiap hari pukul 06.00-18.00 WIB.
  • Akses Masuk : Semua jenis Kendaraan bisa, masuk lokasi jalan kali

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *