Permasalahan Domain Tidak Resolve

Beberapa hari yang lalu saya mengalami masalah Domain web yang baru saja saya Migrasikan (pidah Hosting). Permasalahan saya duga pada NS (Name server di Domain yang saya gunakan). Server Hosting ada di domain NC31.com menggunakan WHM sebagai manage Hostingnya server. Saya tambahkan ns1.nc31.com dan ns2.nc31.com ada beberapa domain langsung resolve dan tidak bermasalah. Pengecekan saya lakukan dengan Nslookup (dari PC) dan bantuan Tracert dan nslookup online di Internet. Namun ada masalah ketika beberapa domain yang resolve dari PC saya, namun tidak resolve dari Luar Negeri.

Salah satu Web yang bermasalah adalah web Souvenir, saya CEK dari negara lain juga tidak Resolve. Saya cari-cari permasalahannya. Dugaan awal saya ns1 dan ns2 saya memang tidak dikenal oleh server DNS yang lain sehingga domain tidak diketahu berada di Hosting mana? Dugaan yang lain karena domain tersebut .WEB.ID sehingga domain control panel di Indonesia, mungkin akses dari Luar ke Indonesia sedang bermasalah.

Saya dapatkan jawaban dari web WHM, seperti dugaan awal saya, memang untuk membuat ns server (ns1,ns1) perlu penambahan juga A DNS pada Server. Bisa melalui Cpanel/WHM). Dibuat ns1. dan ns2 mengarah ke A DNS (IP) di server yang bersangkutan.

Atau bisa juga di tambahkan di Domain Manager ns1. dan ns2. mengarah dengan A DNS ke IP server yang kita pakai. Konfigurasi pada Domain dan sub menu Child Name Server.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *