Skip to content

(Artikel) Internet Marketing

Kumpulan Artikel Promo, Online, Internet advertising & Internet Marketing

  • Home
  • Buku Tamu
  • About
  • Privacy Policy
  • Disclaimer
  • Download
  • Toggle search form

Pengembangan Pariwisata 4.0 atau tourism 4.0

Posted on May 21, 2019April 24, 2025 By editor1 3 Comments on Pengembangan Pariwisata 4.0 atau tourism 4.0

Definisi

Pariwisata 4.0 atau tourism 4.0 adalah nama untuk tren wisata saat ini dari pemrosesan data besar (big data) yang dikumpulkan dari sejumlah besar wisatawan, untuk menciptakan pengalaman perjalanan yang dipersonalisasi. Ini didasarkan pada berbagai teknologi komputer modern berteknologi tinggi. Istilah ini berasal dari paradigma baru dalam industri, yang dikenal sebagai Industri 4.0.

Kementrian Pariwisata

Kementrian Pariwisata (Kemenpar) memperkenalkan pengembangan pariwisata 4.0 atau tourism 4.0 ditujukan bagi wisatawan milenial dengan target pertumbuhan yang berlipat. Tourism 4.0 yang ditujukan pada wisatawan milenial ditandai dengan adanya perubahaan perilaku yang cenderung lebih mandiri dan individual. menerapkan pariwisata 4.0 di beberapa destinasi utamanya dengan membangun ekosistem digital mulai dari inspiration, arrival, destination, hingga post-trip serba digital mencerminkan era tourism 4.0.

Era industri 4.0 ini ditandai dengan lahirnya cyber-physical systems di mana menggabungkan kemampuan manusia dan mesin (robot). Berbagai kemajuan teknologi 4.0 memungkinkan terwujudnya berbagai aplikasi yang mampu memperkaya traveller experience di satu sisi, dan secara drastis mendongkrak produktivitas industri pariwisata di sisi lain.

Tourism 4.0 saat ini menjadi tren pengembangan pariwisata sejumlah negara di dunia. Menurut pengamatannya, kini banyak negara telah menyiapkan pengembangan tourism 4.0 di antaranya yang paling sukses adalah Spanyol. Kunci dalam grand strategy pariwisata era industri 4.0 adalah Sumber Daya Manusia atau SDM (Kompas)

Contoh kasus di Gunung Api Purba

Dikutip dari gunungapipurba.com, Desa Wisata Nglanggeran, merupakan salah satu Desa Wisata yang berkembang seiring dengan pemanfaatan teknologi yang digunakan. Ada 3 tahapan besar yang dilakukan dalam proses pengembangannya yaitu Sadar Potensi, Mengelola SDM, Membangun jejaring sekaligus membangun Identitas digital. Pengelola Desa Wisata Nglanggeran didominasi oleh pemuda yang dekat dengan teknologi, bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat dan didukung dengan pemerintah serta stake holder lain. Kolaborasi pentahelix juga sangat terasa di desa kami.

Praktek baik dalam pengelolaan dan juga pemanfaatan teknologi secara positif diundang dan dilibatkan dalam FGD Penyusunan Strategi SDM Pariwisata 4.0 oleh Kementrian Pariwisata Republik Indonesia. Menjadi salah satu bagian dari komponen penyusunan strategi pengembangan SDM Pariwisata Indonesia. Salah satu Inovasi menggunakan teknologi di Desa kami adalah penggunaan E-Ticketing.

Baca juga : Travelling, dapatkan Tiket Pesawat Murah di Indonesia dan Promo Hari Ulang Tahun tiket.com

Penutup

Singkatnya, revolusi industri 4.0 ini akan mengubah dan mendisrupsi industri pariwisata secara mendasar karena terwujudnya cost value (more for less), experience value (personalized), dan platform value (resources sharing”) yang bakal dinikmati para travellers. Di Eropa, negara yang paling maju menerapkan Tourism 4.0 adalah Spanyol. Spanyol adalah salah satu negara termaju dalam urusan mendatangkan wisman. (bisnis.com)

Post Views: 8,384
Social, Social media marketing Tags:gunung api purba, wisata, wisata 4.0

Post navigation

Previous Post: MGS Aman digunakan, tidak berbahaya asalkan?
Next Post: Beli Tiket KA Prameks Bisa Dibeli Online di KAI Access

Related Posts

Mengatasi Ancaman Kekerasan Panduan untuk Menciptakan Lingkungan Aman bagi Anak Mengatasi Ancaman Kekerasan: Panduan untuk Menciptakan Lingkungan Aman bagi Anak Artikel
Hacking di Tweeter Security
Mercedes-benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia Social
Toko Jilbab Jogja Tempat Terlengkap dan Terdekat untuk Pencinta Fashion Muslim Toko Jilbab Jogja: Tempat Terlengkap dan Terdekat untuk Pencinta Fashion Muslim Advertising
Opini: Pajak Kendaraan Bermotor Perlu Dibenahi, Bukan Dipermainkan Aturan
Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Media Sosial Untuk Pengembangan Dan Eksplorasi Ketrampilan Seni Olah Kain’ dalam rangkaian kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Tim PkM FTI UMBY bermitra dengan SLB Tunas Kasih Sedayu Pelatihan Eco-Print di SLB Tunas Kasih Sedayu: Guru dan Siswa Antusias Menyambut Pelatihan Inovatif Artikel

Comments (3) on “Pengembangan Pariwisata 4.0 atau tourism 4.0”

  1. Pingback: Pariwisata 4.0 sudah lewat didepan mata – Info Sedayu Online
  2. Pingback: Pariwisata 4.0 sudah didepan mata – Repository UMB
  3. Pingback: Wisata Grojogan Watu Purbo – Merdikorejo Tempel Sleman (Artikel) Internet Marketing Indonesia

Comments are closed.

Cari-cari disini

Hosting terbaik Hosting termurah

Popular Post

Posting Terbaru

  • Situs Web Webometrics Resmi Dihentikan, Edisi Terbaru Kini pindah ke Figshare
  • Perbandingan Huawei Watch Fit 4 vs Watch Fit 4 Pro: Mana yang Cocok untuk Anda?
  • Apa Itu TOR Browser? Mengenal Teknologi di Balik Privasi Online
  • Sarung Mobil 4 layer Extreme Full Outdoor Berkualitas
  • Kuliah Fleksibel untuk Karyawan di Jogja: Solusi Naik Karir Tanpa Mengganggu Pekerjaan

Stats





DMCA.com Protection Status

Copyright © 2025 (Artikel) Internet Marketing.

Powered by PressBook Masonry Blogs