MGS Aman digunakan, tidak berbahaya asalkan?

Proses Pembuatan MSG

Monosodium glutamat itu disingkat dengan MSG atau lebih orang awam menyebutnya moto /vetsin. Menurut proses pembuatannya MSG terbuat dari tetes tebu pilihan, tetes tebu itu mulai dari pabrik gula di limbah cairnya nilai yang tidak bisa di kristalkan. Dikirim ke pabrik MSG sehingga menghasilkan di dalam industri pangan, menurut Dr Bayu Kanetro (Dosen Teknologi Pangan UMBY).

Penyedap Rasa

MSG digunakan sebagai produk bumbu penyedap apa bisa menjadi penyebab karena komponennya terdiri dari namanya monosodium glutamat yang sehingga asam diketahui memiliki rasa yang gurih. MSG bisa digunakan untuk bumbu penyedap bisa memberikan rasa (enak). Kalau di dalam makanan tradisional biasanya pakai tempe yang sudah membusuk (tempe bosok itu juga memberi rasa banyak mengandung asam glutamat sebagai pengganti bisa digunakan.

Tempe Bosok (fb)

Dampak Negatif MSG

Menurut Dr Bayu Kanetro MGS banyak mengandung glutamat bisa membuat masakan itu menjadi gurih tapi ada dampak negatifnya. Kalau kita menggunakannya secara berlebihan dan penggunaannya harus dibatasi biasanya di restoran Chinese food itu menggunakan MSG (aneka bumbu kompleks) secara berlebihan. Sehingga dampaknya penyakit itu sering dinamakan Chines Restaurant Syndrome gejalanya kita terasa haus yang berlebihan.
Chinese restaurant syndrome adalah istilah yang dipopularkan pada tahun 60an dimana terjadi kesakitan setelah konsumsi makanan di restoran Cina, penyedapnya dari makanan yang terlalu banyak mengandung monosodium glutamat (MSG).


Jika sesudah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung MSG ada beberapa penelitian juga ya mengkaitkannya dengan terjadinya kanker karena masuk senyawa karsinogenik meskipun ini belum ada masih banyak bertentang anatar peneliti. Karena bagaimanapun itu MSG diproses secara alami sehingga resikonya terhadap karsinogenik itu masih perlu dibuktikan lagi.

Kesimpulan

Dalam penutupnya Dr Bayu memberikan kesimpulan : silahkan menggunakan MSG tapi dalam batas-batas yang tertentu. Penggunaan MSG terlalu banyak bisa menimbulkan efek seperti Chines Restaurant Syndrome (CRS), tadi mengakibatkan rasa haus yang berlebihan sehingga menjadi kita dia seperti yang terlalu berlebihan dan penggunaannya berlebihan juga ada efek negatifnya itu masih cukup aman digunakan asal digunakan dalam batas yang normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *