Beli Tiket KA Prameks Bisa Dibeli Online di KAI Access

Ketinggalan info, baru tahu di bulan Mei 2019 jika pembelian Tiket Prameks sudah bisa online. Mungkin ini berita gembira bagi para pengguna prameks bisa lebih fleksibel merencanakan perjalanannya. Beli Tiket KA Prameks Bisa Dibeli Online di KAI Access Mulai 1 Februari 2019.

Tulisan lama saya tahun kemarin 2018 tentang Tiket Prameks belum bisa beli online yang sempat nangkring di Google akhirnya tidak berlaku lagi :). Dan akhirnya KAI mengikuti trend juga. Semoga lebih baik, sebagai pengguna turut senang dengan kemajuan ini.

Berikut ini langkah-langkahnya yang kami kutip dari Tirto.id:

  1. (Pengguna baru) Download aplikasi bernama KAI Access di smartphone
  2. (Pengguna baru) Buat akun dengan data utama seperti Nama, NIK, email, Tanggal lahir, alamat dan Login.
  3. Pilih route dan setelah berhasil melakukan transaksi pembelian tiket KA, nama dan ID pemilik akan muncul di e-ticket.
  4. Pembayaran dilakukan melalui dompet elektronik (e-wallet).
  5. Ada batas waktu pembayaran untuk transaksi.

Sebagai catatan penulis saat download aplikasi kemudian registrasi pengguna baru belum berhasil, ada pesan diaplikasi bahwa sistem sedang busy (sibuk). Silahkan coba kembali dan sudah dicoba lebih dari 4 kali namun belum berhasil juga. Kami coba registrasi pada 22 Mei 2019 sekitar jam 05.00 – 05.30. Jika berhasil nanti kami upate kembali tulisan ini.

Tiket Prameks versi cetak (Juli 2018)

Baca-baca komentar/ulasan di Google Play berbintang 4 dengan 66.745 pengguna (data 22 Mei 2019) ada beberapa pengguna yang kesulitan login daftar diantaranya :

Evi Susanti (7 April 2019) : Saya sudah berhasil daftar namun kenapa tidak bisa log in , padahal email/no telp dan password benar. padahal aplikasi seperti ini sangat membantu penumpang agar tidak lagi ribet antri datang ke stasiun untuk memesan apalagi untuk KA Jarak dekat lebih mudah dan praktis. mohon untuk perbaikan agar pengguna bisa menggunakan dengan mudah. terima kasih.

Julaiha Aisha (30 Maret 2019) : kenapa yah saya tidak bisa login ? padahal sebelumnya saya sudah biasa login ke kai yang d website , dan menggunakan password dan usernama yang sama . dan internet saya bagus , padahal tadi sempat loading untuk masuk tiba2 salah password . tolong dong di benarkan lagi aplikasi nya . dan mohon bantuannya

Pengguna Google (4 Maret 2019) saya heran. registrasi sukses. tapi begitu log in selalu muncul notice username salah atau password salah, padahal ketika registrasi dengan username dan password itu. lalu ketika mencoba registrasi ulang, muncul nitice lagi, no handphone telah digunakan, atau email telah tersedia. bagaimana ya? katanya mudah di akses?

Sampai dengan tulisan ini dibuat Tidak ada tanggapan dari pemilik aplikasi (Admin) terhadap ulasan di Google Play.

Aplikasi lain

Sementara itu kami juga mecoba dengan aplikasi lain seperti Traveloka dan Tiket.com Tiket Prameks belum tersedia di aplikasi ini.

Dengan Traveloka dan Tiket.com kami coba cari tiket dari Yogyakarta (YK) ke Solo Purwosari (PWS) yang tampil adalah kereta Api Joglosemarkarto (Harga Tiket Rp 32.000).

Ataupun kita coba cek dari web resmi kai.id misalkan dengan stasiun asal Lempunyangan (LPN) tujuan Solo Purwosari (PWS) juga belum ditemukan Kereta Api Prameks. Ada kereta Logawa, Pasundan, dll dengan harga normal Rp 70.000,- atau lebih.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *