Peluncuran Layanan Selancar PAK Pendidikan Tinggi Kemendikbud

Hari ini Jumat 5 Maret 2021 dalam waktu yang saingkat dan padat, Dikti lakukan peluncuran Sistem Pelacakan secara Mandiri Penilaian Angka Kredit (Selancar PAK) Dosen, Dasbor Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri (PTN), dan Command Center Dikti oleh Mendikbud Nadiem Anwar Makarim jam 9.00 – 09.40 WIB.

Salah satu fitur Sistem Penilaian Angka Kredit adalah untuk pemantauan ajuan PAK secara mandiri oleh Dosen, dosen bisa melihat perkembangan, pemantauan dan notifikasi dari ajuan Jabfung (jabatan Fungsional) yang dikirimkan setiap saat. Dashbor Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri digunakan untuk memanatau perkembangan perguruan tinggi saat ini dan data yang lampau. Dasbor Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri bisa diakses oleh institusi perguruan tinggi.

Peluncuran ini dimulaida ri laporan oleh Prof. Nizam dari Dirjen Dikti. Sebelum menjabat sebagai Dirjen Dikti, Prof. Nizam merupakan Dekan FT UGM periode 2017-2021, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D ini adalah dosen dengan status Profesor/Guru Besar Teknik Sipil dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

Semantara di Command Center Dikti terlihat layar-layar besar yang digunakan oleh DIkti menyiman danata dan dalam mematau sistem-sistem setiap saat. melihat data dan perkembangan dengan lebih mudah dan cepat. Secara Resmi Mas Meteri Pendidikan dan kebudayaan Nadiem Anwar Makarim berharap dengan dirancang dan diluncurkannya 3 aplikasi ini Bapak Ibi dosen bsia terus bisa termotovasi untuk mengembanganan kualitas diri, peserta didik dan institusi yang tanggap dengan perkembangan jaman.

Ucapan selamat tampak disampaian dari berbagai pihak, salah satunya dari Rektor Universitas Papua Meky Sagrim yang mengucapkan selamat dan sukses untuk Dikti atas perlucuran hari ini dan menyambut sangat baik atas peluncuran hari ini.

Live dan rekaman dari acar ini bsia dicek di kanal Youtube https://www.youtube.com/watch?v=z8h0JpURHFI

Dia akan Youtube banyak Dosen yang memyambut sedang dan menunggu fitur ini, salah satunya komentar dari Duma rosmayanti : “​Selamat Tim Dikti atas karyanya, akan sangat bermanfaat bagi kami dan kami menunggu untuk panduan aplikasi/workshop penggunaan aplikasi tersebut agar bs kami teruskan ke bapak dan ibu dosen kami”. Andi Rasdiyanti : ​”InsyaaAllah akan sangat bermanfaat untuk Semangat Pendidikan Indonesia Lebih Maju”

Detail Aplikasi bisa dicek di link berikut :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *