Listrik rumah mati semua mungkin masalahnya ini?

Cek meteran listrik pintar nyala, MCB di on off kna listrik tidak mau hidup. Ada kemungkinan jalur listrik masuk ke rumah ada yang putus. Salah satu kemungkinan jalur putus ada di fuse box ini. Oya untuk cek tegangan /voltase listrik di meter pulsa bisa tekan 41 (enter) dan cek ada arus atua tidak bisa tekan 44 (enter).

Kotak sekring rumah (Fuse box) model lama, instalasi listrik rumah tangga sepertinya sudah jarang pakai Fuse box. Fuse box berfungsi memutuskan arus listrik pada saat terjadi hubung singkat (short circuit). Ada sekering yang bisa putus (diganti baru) atau kalau sekring otomatis akan ‘njeglek’ tinggal pencet/tekan lagi.

Fuse box ada 3 komponen utama :

  1. (Bawah) Saklar Pemisah yang berfungsi memutus jalur Netral dan Fasa dari meter listrik.
  2. (Atas) Tempat/Rumah sekring model ulir untuk dipasang sekring sesuai ukuran daya terpasang. Ukuran sekring dalam satuan ampere (A)
  3. Bagian tengah ada terminal jalur grounding (pentanahan).

Jika ada beban lebih atau konslet maka sekring akan njeglek atau putus, tp bisa jadi njegleknya di MCB meteran. Kondisi yang normal sebagai mekanisme proteksi jaringan listrik. Ada listrik atau tdk bs cek scr sederhana pakai test pen, nyala atau tidak.

Masalah lain yang sering terjadi bagian saklar fuse box yang rusak atau aus atau bagian sekrup yang rusak berkarat atau mulai kendor dan bikin panas. Umumnya terjadi dalam pemakaian lama, jika penasaran bisa dibuka saja to matikan MCB dulu.

Saat ini mulai jarang dilihat di rmh² modern, banyak yg sudah diganti dengan MCB, mungkin jadi berapa MCB sekalian pisah jalur²nya. Secara fungsi sama konslet, putus/njeglek disini.

  • nyimpenfoto

fuse

fusebox

listrikpadam

LISTRIK

Imam Suharjo: