Kampus UMBY dukung Pemasaran Online bagi UMKM Batik Tulis Giriloyo Bantul

Sangat ketatnya persaingan dalam dunia usaha di lingkup Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) termasuk usaha kerajinan batik, mendorong pelaku usaha untuk mengagresifkan aktivitas pemasarannya. Aktivitas pemasaran perlu disesuaikan dengan perkembangan lingkungan bisnis, seperti: kondisi persaingan, perkembangan teknologi dan permintaan konsumen.

Kampus UMBY dukung Pemasaran Online bagi UMKM Batik Tulis Giriloyo, Imogiri, Bantul. Kendala yang dihadapi oleh pelaku usaha dalam mengadopsi e-commerce adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan media pemasaran on-line seperti facebook dan instagram agar menarik dan efektif menjangkau pasar yang dituju, melalui pendampingan ini, peserta dibimbing untuk menguasai teknik pengoperasian pemasaran on-line dari tahap awal sampai dengan akhir.

Universitas juga ditunggu perannya dalam membantu masalah-masalah ini. Sebagai salah satu contog kegiatan kampus, menghadapi situasi bisnis yang berkembang saat ini, maka tim PKM UMBY melakukan pendampingan pemasaran untuk pengrajin/UMKM yang tergabung dalam Paguyuban Batik Tulis Giriloyo, Desa Wukirsari, imogiri, Bantul, DIY. Kegiatan dilaksanakan di Gazebo Paguyuban Batik Tulis Giriloyo beberapa waktu lalu. Kegiatan ini dikooodinatori oleh Audita Nuvriasari, SE, MM dan Anif Fauzan Rozi, ST, M.Eng selaku instruktur program.

Batik Tulis (sumber foto: FB Pemkab Bantul)

Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini memberikan banyak manfaat bagi pelaku usaha agar dapat melakukan vasiasi dalam kegiatan pemasaran serta secara efektif sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas, mendorong peningkatan penjualan dan kinerja usaha semakin meningkat, ujar Isnaini Muchtarom selaku pengurus Paguyuban Batik Tulis Giriloyo.

One comment

  • BestDemetria

    I see you don’t monetize web.id, don’t waste your traffic, you can earn additional cash every month with new monetization method.
    This is the best adsense alternative for any type of website (they
    approve all sites), for more info simply search in gooogle:
    murgrabia’s tools

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *