Pantai Ngrawe Gunungkidul Yogyakarta

Pantai Ngrawe Baru di Gunungkidul, Sebenarnya bukan baru karena sudah ada sejak lama karena hanya berada di samping Pantau Kukup (Sebelah baratnya) di Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini baru dikenal dan Viral. Pantai Ngrawe dengan lebar sekitar 200 meter yang beralamatkan di kecamatan Tanjungsari kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Sebuah pantai yang tergolong baru dan memiliki keindahan serta keunikan tersendiri.

Pantai Ngrawe Gunungkidul ibarat surga yang tersembunyi di balik bukit, dengan perjalanan yang panjang dan penuh liku sudah terbayarkan dengan keindahan Pantai Ngrawe.

Apa yang membuat Pantau Ngrawe jadi Viral, ini beberapa hal yang membuat Pantai Ngrawe jadi beda :

  1. Natural : Kombinasi Pantai dan Pulau (Karang) Kecil, Pulau Ngrawe di depan pantai
  2. Tambahan : Sentuhan Taman (tanaman rumput nan hijau) di pinggir pantai
  3. Penataan : Pantai yang rapi dan memang sengaja ditata, mulai dari tempat jualan, mushola, toilet, tempat jalan di taman. Jadi Insatragramable
  4. Akses masuk (dari barat) yang tertata dan View pantai yang terbuka dari atas bukit yang mudah didaki.
  5. Ada tempat menginap seperti Inessya Resort di bukit-bukit sekitar pantai.

Akses Masuk lokasi

Akses ke Pantai Ngrawe bisa di lalui dengan beberapa cara. Pertama Masuk dari pantai Kukup dan menelusuri tepian pantai, pada saat normal bisa dengan mudah tapi jika air pasang besar akses ini agak sulit bisa terhalang air pasang/bukit.

Akses yang lain sebelum Masuk Pantai Kukup Kukup belok kanan (ke Barat), jalan Naik dan sedikit berliku. Jalan sudah beraspal separo jalan, dan (Juli 2019) masih ada sekitar 300 meter jalan tanah. Parkir dilokasi dekat pantai Mbuluk lalu naik bukit kecil /lewat resort dan turun akan sampai di Pantai Ngrawe ini.

Sedikit Tips

Jika ingin main air pantai lebih baik datang pagi sekitar jam 7 hingga sekitar jam 10 air masih tampak sampai ke penggir (pasang), enak buat main pasir dan air laut terutama jika mengajak anak-anak suasana masih sejuk/belum panas.

Selepas jam 10 air mulai surut hingga tampak bebatuan dasar pantai. Saat jam ini bisa dipakai untuk cari hewan laut atau berfoto di batas karang pantai (saat kena ombak) ada efek ciptaran yang bagus. Atau bisa juga berfoto di dekat Pantai Ngrawe-nya.

Jika ingin lihat view pantai yang luas, bisa naik bukit dibarat Pantai ini, puncak bukit tidak terlalu luas dan hanya muat beberapa oarng saja. Jika memang ada bugjet dan niat mengnap di pantai ada Resort juga yang bisa jadi pilihan dengan kolam renang diatas bukit.

Berikut ini foto ke arah barat dari Pantai Ngrawe.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *