Sejarah Studio Alam Gamplong Sleman

Studio Alam Gamplong Sleman terletak di Di dusun Gamplong 1, Sumber Rahayu, Sleman, DIY. Didirikan pada tahun 2017. Studio Alam Gamplong ini dibangun oleh Mooryati Soedibyo yang merupakan pendiri dan pemilik Mustika Ratu Group. Awalnya tempat yang menjadi destinasi wisata baru di Sleman ini dibangun untuk keperluan syuting film Sultan Agung The Untold Story Hanung Bramantyo sebagai sutradara. Sebelum Studio Alam Gamplong ada lokasinya hanya berupa hamparan tanah lapang milih Desa.

Kawasan Studio Alam Gamplong berdiri di atas lahan sebesar 2,7 hektar milik Desa Sumberrahayu yang di dalamnya terdapat bangunan set film sejarah Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, dan Cinta, pada hari Minggu (15/07/2018) secara resmi dihibahkan oleh Dr Bra Mooryati Soedibyo SS MHum kepada masyarakat Indonesia. Penyerahan disaksikan Presiden RI Ir H Joko Widodo yang didampingi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Bupati Sleman Drs Sri Purnomo.

Hanung Bramantyo sebagai sutradara film Sultan Agung mengaku mencita-citakan Studio Alam Gamplong sebagai pusat kebudayaan seperti festival gamelan, festival film dan pentas teater. Pembangunan Studio Alam Gamplong Selamn ini menjadi salah satu upaya menyampaikan pesan amanah pahlawan-pahlawan nasional untuk mewariskan kekayaan budaya bangsa dan sejarah Indonesia kepada generasi masa kini.

Awalnya studio alam ini merupakan lapangan kosong. Kemudian untuk kebutuhan shooting film Sultan Agung karya Hanung Bramantyo, lapangan tersebut dibangun menjadi suatu kawasan yang mirip suasana pada masa kerajaan Mataram. Pembangunan studio alamnya sendiri didanai oleh Mooryati Soedibyo dan kemudian dihibahkan kepada warga desa setempat. Pembangunan ini dimulai sejak Desember 2017 Pembangunannya yang didukung oleh pemerintah Yogyakarta membuat pembangunan Studio Alam Gamplong ini berjalan lancar.

Mengunjungi Studio Alam Gamplong di Jogja, Mini Hollywood-nya Jogja. Studio Alam Gamplong merupakan studio film yang juga menjadi salah satu destinasi wisata terbaru di Jogja. Studio Alam Gamplong, Tempat Syuting berbagai film : film Sultan Agung The Untold Story, Bumi Manusia, Ainun Habibie dan Gatotkaca.

Dari Instagram @gamplong_studio Studio syuting untuk Produksi Film & Wisata Edukasi mulai 4 Juli 2020 Gamplong Studio sudah buka kembali dan memberlakukan protokol kesehatan. Jam Buka Selasa – Minggu pukul 08.00 – 17.00 WIB. Untuk masuk, pengunjung dikenakan biaya sukarela perawatan studio, untuk dapat masuk ke beberapa bangunan dikenai biaya sebagai berikut :

  1. Tiket Masuk Sepantasnya (Sukarela)
  2. Rumah Annelis Rp 10.000
  3. Rumah Hasri Ainun Habibie Rp 5.000
  4. Naik Kereta Rp 5.000
  5. Permit Card Kamera (selain HP) 10.000/ kamera DSRL

Gamplong Studio Alam Sleman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *