Mengapa website tidak terdeteksi google?

Mengapa website tidak terdeteksi google? Apakah Web Anda ada di Google? Anda punya website namun tidak muncul dengan di pencarian Google, padahal “hampir” semua orang mengadalkan mesein pencari Google untuk mencari semua hal. Yuk coba cek tulisan singkat ini. Tulisan ini saya kutip dari informasi yang di tulis di SEO started Guide saya coab tulis dengan bahasa yang sederhana, agar mudah dipahami.

Situs Anda tidak ada di Google, jika ada anda beruntung dan bukan kebetulan. Meskipun demikian tidak semua web ada di Google, Google merayapi miliaran halaman web, tidak dapat dipungkiri bahwa ada beberapa situs akan “terlewat” atau tidak diketahui oleh mbah Google. Saat perayap Google melewatkan satu situs, hal itu sering kali disebabkan oleh salah satu alasan berikut :

  • Situs tidak terhubung dengan baik dari situs lain di web. Ibarat anda berada di tengah hutan rimba dan tidak ada yang mengenal dan kontak anda, maka akan sangat susah menemukan anda. Begitu juga website baru, web pertama kali akan dikenal jika web tadi dikenalkan oleh web lain yang sebelumnya telah di kenal Google. Bahasa teknisnya adalah memberikan referensi (backlink) dalam bentuk Link ke web kita. Ini jadi salah satu dari sekian jalan Robot Google mengenal web kita.
sumber : https://developers.google.com/search/docs/beginner/seo-starter-guide
  • Anda baru saja meluncurkan situs website baru dan Google belum punya waktu untuk menjelajahinya. Meskipun sudah ada website yang mengenalkan, kita mesti sabar dan menunggu, Google perlu waktu bisa merayap hingga website kita. Biasanya ada beberapa Page di web kita akan terindex terlebih dahulu, kemudian page-page lain secara bertahap. Anda bsia cek dengan mengetik site:namawebanda di Google untuk meihat ada berapa banyak page/halaman yang terindex. berikut ini contoh pencarian pada halaman web jogjaonline.my.id ada 13 page yang terindex di Google.com.
  • Desain situs /website anda yang menyulitkan Google untuk merayapi kontennya secara efektif. Misalkan tidak ada link antar page, ada link-link tersemunyi yang tidak bisa ditelusur, website terlalu berat dan lambat diakses oleh Google. Bisa jadi web cepat di akses dari kita namun lambat jika diakses oleh Google, anda bisa cek dengan Tool dari Google atau tool dari web lain untuk pastikan web baik dan SKOR juga tinggi. Jika kurang, bisa coba perbaiki. Salah satu Toolnya bisa coba ini https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/ contoh pengecekan sebuah web nc31.com dengan skor 82 untuk akses lewat Desktop.
Cek Learn more about Web
  • Google menerima kesalahan saat mencoba merayapi situs Anda, Google coba menelusur namun menemukan error di halaman yang ditunjukan misalkan error 404 atau yang lain. Cek juga apakah ada halaman yang hilang atau tidak ditemukan?
  • Kebijakan Anda memblokir Google dari merayapi situs dan tikda memperbolahkan robot pencarian masuk ke web anda. Dan pelru menambahkan sitemap atau peta situs, Google akan lebih “senang” menenulusur sebuah web dari saitemap-nya. Ini contoh user agen Googlebot dilarang mask ke halaman terntu. File robots.txt ada pada root situs /website Anda. Jadi, untuk situs www.contih.com, file robots.txt berada di www.contoh.com/robots.txt

Group 1

User-agent: Googlebot
Disallow: /admin

Group 2

User-agent: *
Allow: /

Contoh alamat sitemap Sitemap: http://www.contoh.com/sitemap.xml

Pertanyaan serupa dengan tulisan ini antara lain :

  1. bagaimana cara mengatasi url tidak ada di google?
  2. Bagaimana cara mengatasi url tidak ditemukan di android
  3. Bagaimana website tidak tampil di google?
  4. Bagaimana cara agar web kita muncul di google paling atas?
  5. kenapa google tidak bisa membuka url web kita?
  6. google search console untuk apa?
  7. Bagaimana agar website terdeteksi google?
  8. bagaimana cara menampilkan blog di google halaman pertama?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *