Pentingnya Pendidikan karakter untuk anak Sekolah

Pendidikan karakter adalah proses mendidik dan memfasilitasi individu untuk mentransformasi perilaku yang tangguh, kreatif, inisiatif dan optimis. Pendidikan Karakter perlu ditanamkan sejak dini, tak terkecuali pada lingkungan pendidikan Sekolah mulai dari Pendidikan dasar hingga SLTA/SMK. Jadi sangat ironis jika seorang anak yang sejatinya individu yang disiapkan untuk dapat bekerja, namun mereka tidak paham dengan apa yang akan dilakukan ketika lulus dari sekolah.

Pengertian lain lagi dari pendidikan karakter adalah suatu usaha manusia secara sadar dan terencana untuk mendidik dan memberdayakan potensi peserta didik guna membangun karakter pribadinya sehingga dapat menjadi individu manusia yang bermanfaat bagi diri sendiri dan juga lingkungannya.

Pendidikan Karakter penting karena dalam dunia pendidikan ini dijadikan sebagai wadah atau proses untuk membentuk pribadi anak agar menjadi pribadi yang baik, tenaga pendidik seorang guru juga perlu memberikan contoh perilaku yang baik kepada peserta didik, karena perilaku guru merupakan teladan bagi anak didik.

Dunia pendidikan tinggi juga melakukan upaya membantu penguatan karakter ini, salah satunya apa yang dilakukan UMBY Berikan Penguatan Pendidikan Karakter Hebat Siswa di SMK N I Pengasih. Jumat (19/7) bertempat di Aula SMKN 1 Pengasih diselenggarakan sosialisasi mengenai pendidikan karakter, yang diikuti oleh sekitar 360 siswa kelas X SMK.Materi Pendidikan karakter dengan pemateri dosen-dosen dari Prodi Bimbingan dan Konseling (BK) UMBY, yang terdiri Luky Kurniawan M.Pd, Palasara Brahmani laras, M.Pd, dan Abdul Hadi, M.Pd.

Lab pengelolaan Bisnis Ritel di SMK 1 Pengasih

Kaprodi Bimbingan Konseling UMBY, Abdul Hadi, M.Pd dalam sambutan mengharapkan nanti setelah mengikuti kegiatan ini mampu menjadi titik tolak penguatan karakter, sehingga setelah lulus sekolah dan ketika bekerja, mereka memiliki karakter kuat, dengan begitu para siswa sebagai penerus cita cita bangsa bisa terwujud.

Luky Kurniawan menjelaskan bahwa dalam menanamkan karakter manusia yang hebat bukan sekedar merubah nilai di hasil belajar, namun yang terpenting bagaimana merubah perilaku dan kebiasaan untuk menjadi pribadi hebat. “Karakter kuat dan hebat itu ditanamkan bukan hanya dihafalkan. Kuncinya implementasi dari sejak dini akan menimbulkan kebiasaan karakter yang baik”

Suharno, S.Pd, selaku Koordinator guru bidang Bimbingan Konseling SMK N 1 Pengasih Kulonprogo mengapresiasi kegiatan tersebut, menurutnya Sosialisasi pendidikan karakter di lingkungan pendidikan SMK sangat penting dan perlu dilakukan secara rutin, khususnya kepada siswa kelas X SMK sebagai salah satu bekal tambahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *