Penasaran, Ini 3 Lokasi Syuting Film KKN di Desa Penari di Jogja

Film KKN di Desa Penari sangat sukses setelah penayangannya di bioskop dibanjiri jutaan penonton. Meskipun film ini diceritakan bertempat di Jawa Timur, ternyata tempat syuting utamanya justru di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Meski tragedi “KKN di Desa Penari” sebenarnya terjadi di salah satu daerah di Jawa Timur, tetapi film ini banyak mengambil tempat syuting di Yogyakarta, salah satunya di Gunungkidul, bantul dan Sleman. Hal ini yang kemudian membuat banyak orang penasaran ingin melihat tempat syuting film yang menghebohkan dunia horor tanah air.

Berikut ini daftar tempat syuting film ‘KKN di Desa Penari’ di DIY.

Rumah di Ngluweng, Gunungkidul

Lokasi syuting utama film KKN di Desa Penari di Pedukuhan Ngluweng, Kabupaten Gunungkidul. Lokasi ini berada di sebelah timur Kota jogja berjakat sekitar 37 km dari pusat kota jogja ke awarh kota Wonosari ibukota dari gunungkidul. Salah satu Publikasi Di vidio saya kali ini berisi review rumah yang pernah buat shooting film KKN DI DESA PENARI, shootingnya dusun ngluweng, desa Ngleri, Playen, Kabupaten, Gunungkidul, Yogyakarta

Rumah di tengah perkebunan menjadi tempat syuting film KKN di Desa Penari selama sekitar sebulan. Dikutip dari Detik.com rumah ini hanya dapat diakses lewat jalan setapak. “Sekitar 2 tahun lalu syutingnya, sebelum COVID-19, November 2019. Syuting di sini sekitar sebulan,” kata warga Ngluweng, Danuri, Rabu (18/5/2022). Sebelum menjadi tempat syuting, rumah itu masih ditinggali Ngadiyo dan istrinya.

Setelah syuting selesai, Ngadiyo dan istrinya kembali ke menempati rumahnya. Namun, tak lama kemudian mereka pindah ke rumah anaknya. Sempat terhembus juga kabar bahwa salah satu rumah yang digunakan syuting film KKN di Desa Penari akan dijual karena pemilik rumah merasa ketakutan, info ini tidak benar.

Batu Kapal di Piyungan, Bantul

Objek wisata Batu Kapal jadi salah satu lokasi syutung film KKN di Desa Penari, lokasi ini di Klenggotan RT 1, Srimulyo, Piyungan, Bantul, ini jadi tempat syuting film KKN di Desa Penari selama sehari.

Batu Kapal Piyuangan (foto Dwi Yulianto / Gmap)

Dikutip dari Kumparan, Wakil ketua Pokdarwis Batu Kapal Piyungan, Syamsi Dwi A Safarudin (56) menaympaikan jika objek wisata Batu Kapal pernah dijadikan lokasi syuting film KKN Di Desa Penari, tapi waktu itu, Batu Kapal belum menjadi sebuah objek wisata seperti sekarang ini. “Syutingnya dilaksanakan pada 15 Januari 2020 di sini pertengahan Januari, mungkin ada adegan tambahan di sungai,” tutur Syamsi (19/5/2022).

Rute Batu kapa jika dari arah Malioboro Jogja

Obyek wisata Batu Kapal jogja jika di Google Map disebut sebagai Taman Wisata Batu kapal.

Jembatan Plunyon Kalikuning, Sleman

Syuting film KKN di Desa Penari di Jembatan Plunyon, Kalikuning, Cangkringan, Sleman, berlangsung selama tiga hari pada Desember 2019. Jembatan ini berjarak sekitar 25km di utara Jogja dengan waktu tempuh sekitar 1 jam saja. Daerah sekitar kaliurang memang populer, sering digunakan oelh mahasiswa sebgai tempat kegiatan, seperti keakraban atau LKKM Mahasiswa.

Jembatan Plunyon Kalikuning, Sleman berjarak 25 km dari pusat kota Jogja

Dikutip dari Detik.com ada info jika “Syuting tiga hari, yang sehari dibatalkan karena gunungnya tidak tampak dan diulangi hari berikutnya,” kata salah satu pengelola Kalikuning Park, Sargiman, Rabu (18/5/2022). “Syutingnya di jembatan yang timur. Ada juga (syuting) di bawah kolong jembatan itu,” imbuh Sargiman. Syuting di Jembatan Plunyon itu untuk adegan saat para mahasiswa baru tiba di tempat KKN (kuliah kerja nyata).

Foto Jembatan Kalikuning Sleman (Foto Gmap Liya Satya)

Taman tepi sungai populer yang memiliki jembatan, area pendakian, serta panorama bukit hijau & pegunungan.

Salah satu komentar Rani, kesini lokasi ini karena pengen wisata alam yang dingin2, ternyata sampai sini hawanya tidak terlalu dingin tapi lumayan sejuk. Ini lokasi yg di pakai syuting film KKN desa penari. Berangkat dari daerah Malioboro butuh waktu 1 jam perjalanan. Akses jalannya sudah aspal, ada tempat parkir & motor yg deket dg lokasi wisatanya.

Rani menambahkan informasi jika harga masuk Rp 12.000/orang. Pemandangan alamnya keren, ada jembatan yang gagah dan estetik dikelilingi pohon-pohon hutan. Ada aliran sungai yang bisa buat main air dan ada jembatan goyang. Lokasi ini dilengkapi dengan kamar mandi & mushola. Suara hembusan angin, gemericik air, kicauan burung bikin pikiran menjadi rileks. Di pos masuk juga ada beberapa petugas yang ramah dan sigap.

Imam Suharjo: