Daftar Kanal Siaran TV Digital UHF di Jogja – Update April 2022

Daftar Kanal Siaran TV Digital UHF di Jogja - Update April 2022

Berikut ini daftar Kanal Siaran TV Digital UHF yangn diterima di wilayah Jogja sisi barat, Update cek pada 3 April 2022. Siaran ini coba diterima dengan STB lama merk ICHIKO 8000HD. Pada cek sinyal kali ini ada 35 kanal TV Digital (Bonus sinyal MUX TVRI Jateng). Bagi permirsa TV juga sebagiknay siap-siap, persiapan sebentar lagi ASO (Analog Switch Off), siaran TV UHF analog mau di matikan, ganti dengan Digital UHF (DVB-T2). ASO secara bertahap dimulia akhir April 2022 ini. Siaran TV digital terestrial DVT-T2 ini gratis tanpa biaya langganan, beda dengan TV digital dari satelit ada yang berbayar.

Kenapa kita harus menggunakan TV digital? TV digital ini diperlukan karena teknologi televisi analog yang dipakai saat ini oleh stasiun televisi nasional, memakan sumber daya yang besar pada spektrum 700 MHz. Oleh karena itu pemerintah ingin mengalihkan ke televisi digital agar lebih efisien. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memastikan kesiapan infrastruktur multipleksing untuk melaksanakan analog switch off (ASO) atau migrasi siaran TV digital.

Apa yang diperlukan untuk menerima TV digital?

Untuk bisa menerima siaran TV digital pada TV lama perlu tambahan STB (Set top Box), STB ini banyak dijual dipasaran mulai sekitar harga 150rb. Pemerintah juga memberikan STB Gratis untuk yang tidak mampu, bisa dengan cara login ke Login cekbansos.kemensos.go.id, Cek Penerima STB Gratis dari Kominfo. STB dihubungkan ke antena UHF seperti biasa, dan masuk ke TV melalui jalur input seperti AV, VGA atau HDMI.

Sementara pada TV modern yang sudah support TV Digital, hanya peerlu antena UHF saja. Scan seperti biasa dan bisa menikmati siaran ini. TV yang support Siaran digital lasngung bisa digunakan di TV digital, biasanya support siaran analog dan digital.

Daftar kanak TV Digital diterima di Jogja

Berikut ini 35 Kanal TV digital yang yang diterima bagus di Jogja barat (List TV Digital di terima di Jogja barat pada 3 April 2022) :

  1. SCTV
  2. indosiar
  3. O channel
  4. Mentari TV
  5. RTV
  6. Kompas TV
  7. MetroTV
  8. Magna Channel
  9. BNTV
  10. TVRI Nasional
  11. TVRIJogja HD
  12. TVRI Kanal3
  13. TVRI Soport HD
  14. TVRI Jateng
  15. TA TV
  16. AdiTV
  17. NusantaraTV
  18. TATV Jogja
  19. Tegar TV
  20. Inspira TV
  21. NET TV
  22. TVRI Jateng HD
  23. TVRI Sport
  24. TVRI Nasional
  25. TVRI Kanal 3
  26. Tvone
  27. ANTV
  28. RCTI
  29. MNCTV
  30. GTV
  31. INews
  32. CNN Indonesia
  33. CNBC Indonesia
  34. Trans 7
  35. Trans TV

Serta berikut ini perbandingan sinyal²/Gambar di TV analog vs Digital di jl Wates km 10 di Sedayu, Bantul.

Sebagian besar TV masih bersiaran di kanal UHF Analog, berikut ini contoh perbandingan kualutas penerimaan. Misalkan NET TV yang kadang di analog ada gangguan gambar kurang begitu jernih, di kanal digital DVB-T2 kualitas jernih.

Kanal Net TV analog vs Digital

Sementara kanal RCTI yang dianalog bagus, digitalpun lebih bagus lagi. RCTI adalah stasiun televisi swasta Indonesia pertama mengudara 13 November 1988, diresmikan 24 Agustus 1989. Waktu itu, siaran RCTI hanya dapat ditangkap oleh pelanggan yang memiliki dekoder dan membayar iuran. Th 1993 RCTI mulai siaran nasional di band UHF. Hbis itu muncul TV Swasta lain.

RCTI analog vd Digital

Migrasi Kanal / Frekuensi

Migrasi atau pindahan kanal buakn yang pertama dan memang begitu prosesnya sesuai regulasi yang ada. Msialkan dulu Radio SW pidnah ke AM (MW), Radio AM/MW jadi FM sktr th 90an, Analog TV VHF jadi UHF sktr 90an dan saat ini UHF Analog jadi UHF Digital. Beberapa negara lain sudah lebih dulu melaksanakan ASO.

Tantangan saat ini dan kedepan

Tantangan saat kedepan dg Internet saat ini dan kedepan, TV dan radio bisa siaran di internet tanpa pakai frekuensi lagi. Lihat dan denger radio lewat HP.

Imam Suharjo: