Pesan Tiket Prameks Online (memang belum bisa)

Sudah lama tidak naik Kereta Api Prameks (Prambanan Ekspres), terkahir menggunakan mode transportasi ini mungkin sekitar 4-5 tahun lalu menggunakan kereta api ini denan Rute dari Jogja ke Solo. Waktu itu tahunya pemesanan Tiket langsung di Stasiun Tugu Yogyakarta (kalau tidak salah). Pemesangan langsung di hari H ini istilah sekarang Go Show.

Karena ketidaktahuan sebelumnya saya sempat mencoba menggunakan aplikasi seperti Travelaka, Tiket kereta Api dan juga Buka Lapak untuk mencoba mencari dan memberi Tiket Prameks. Namun pilihan Kereta Api Prameks ternyata tdiak amsukd alam dafatar yang di jual secara onlien di aplikasi ini. Sebagai contoh Rute Jogja – Solo dengan menggunakan aplikasi ini yang ditawarkan adalah pilihan kereta Jarak jauh dengan harga tiket paling murah 40 ribu.

Sempet juga menggunakan portal web Prameks.com yang di situs webnya adalah menyebutkan merupakan web penyedia informasi jadwal keberangkatan kereta api lokal Solo Jogja berdasarkan jadwal resmi PT KAI Indonesia. Menggunakan Link http://prameks.com/cetak-reservasi-step-1.html namun tidak berfungsi. Bahkan karena tidaktahuan saya (karena memang tidak ada informasi di web-nya), beberapa kali saya mencoba dan gagal. Saya baru dapat jawaban Tegas dari pertugas tiket di stasiun Yogyakarta bawah “pemesangan hanya dilayani di stasiun saja”. Artinya form pemesan online yang sudah lengkap itu tidak bisa digunakan. Informasi bahwan pemesana  online via web tidak dapat digunakan saya dapatkan dari pertugas pada hari Sabtu 7 Juli 2018. Kurang tahu kalua nantinya akan diperbaiki.

 

Sempet juga datang ke stasiun Yogyakarta pada sore habis magrib dan masuk ke Gedung/ruang pemesanan tiket (6 Juli 2018) namun lagi-lagi karena ketidaktahuan saya gagal mendapatkan tiket. Ternyata Layanan pemesanan Tiket kereta Api hanya dibuka dari jam 8.30 – 16.00 WIB. Untuk anda yang menggunakan kedaraan pribadi terutama motor, meskipun hanya pesan tiket anda jalan akan jalan kaki  sekitar 390m (dihitung dari Google map) dari lokasi Parkir. Untuk orang yang yang berkebutuhan khusus (difabel) memang disediakan tempat parkir yang dekat dengan tempat pemesan Tiket, cukup jalan beberapa meter saja.

Akhirnya saya dapat tiket jam 10.45 dengan cara pemesanan langsung (Go Show) di hari H yang dilayani 3 jam sebelumnya. Pada hari Sabtu ini antriannya tidak banyak hanya sekitar 5 orang saja, cara pesan tiket cukup menyebutkan jam kekerangkatan dan jumlah tiket yang dipesan saja. Tidak membutuhkan Identitas atau nama-nama pemesan. harga Tiket Jogja-Solo (Purwosari) masih sesuai dengan yang tertera di web yaitu Rp 8.000 rupiah.

Saya tanyakan ke Pertugas untuk tiket ganti hari tidak bisa dipesan di loket ini, bisa dilakukan diloket pemesanan sebelah dengan menggunakan nomor antrian dan perlu menyiapkan KTP. Detailnya saya belum tahu karena belum melakukan pemesanan Tiket kereta api jenis Prameks ini. Sedikit harapan semoga pemesana tiket Prameks juga lebih mudah dan flesibel, meski harinya tidak seberapa. Namun datang kelokasi untuk beli tiket itu sepertinya cukup menyita waktu dan biaya dijaman yang serba canggih seperti ini. Mungkin pengalaman seperti ini hanya akan terjadi pada pengguna awal seperti saya, untuk pengguna Prameks yang rutin pasti tidak akan mengalami hal serupa.

One comment

  • Noname

    bener banget,,. untuk pemesanan tiket hari berikutnya perlu mengisi form terlebih dahulu yang memerlukan nama dan nomor id (ktp). jika besoknya mau masuk stasiun harus memperlihatkan karcis kereta dan ktp kepada petugas karcisnya sebelum masuk stasiun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *