Pemula ya, Bingung Memilih Hosting Terbaik?

 Bingung Memilih Hosting Terbaik bagi orang awam

Bagi pemula di dunia website kadang ada rasa Bingung mau pilih Server dan Hosting yang mana Bingung Memilih Hosting yang paling baik? Untuk website baru saya cocoknya layanan yang jenis apa. Karena saat ini jenis layanan semakin beragam apalagi dengan pertumbuhan teknologi cloud computing. Tidak hanya website saja yang di bisa “hosting-kan” namun akan ada banyak ragam service lain secara umum  ada 3 jenis layanan di CLOUD: Application, Platform dan Infrastuktur.

 

Namun jika saat ini belum begitu penting bagi pemula, jika yang anda gunakan baru sebatas website umum saja. Beberapa panduan berikut ini semoga bisa membantu anda menemukan pilihan HOSTING yang tepat. Anda tidak perlu banyak bingung Memilih tempat Hosting Terbaik?

Rangkuman Jenis layanan Hosting /Server

Untuk mengatasi kasus Bingung Memilih Hosting Terbaik, Berikut ini beberapa jenis layanan hosting hanya sebagai gambaran saja yang berjalan pada umumnya, namun nama layanan tiap penyedia kadang beragam (nama) dan beda-beda jenisnya :

  • Share Hosting/Hosting : Layanan Hosting yang umumnya dijual dengan dengan biaya murah atau sangat murah sekali ini masuk dalam kelompok share Hosting. Pemilik Hosting atau bisa juga reseller menggunakan satu atau beberapa server/VPS dan dijual dengan paket-paket yang lebih kecil. Biasanya layanan ini bisa murah karena : kapasitas kecil, di share/bagi-bagi ke banyak pengguna atau resource aslinya terbatas. Memilih share hosting umumnya merupakan pilihan yang sesuai untuk para pemula.
  • Fitur layanan dari hosting jenis ini adalah Jenis Reseller Hosting yang sesuai untuk anda yang ingin memulai bisnis hosting, dengan menggunakan layanan ini anda bsia menjual paket-paket baru yang bisa dikemas sendiri untuk pelanggan anda.
  • Dedicated server merupakan layanan “Sewa Server” kita sewa sebuah server dengan spesifiaksi tertentu (biasanya sudah ditawarkan). Pemeliharaan server akan dilalukan oleh pemilik /pengelola layanan. Harga Sewa layanan ini bisa beberapa ratus dolar tiap bulannya
  • Virtual Private Server (VPS) atau Virtual Dedicated server (VDS) : menurut informasi di forum webhostingtalk ” Yes its exactly the same, VPS, VDS, just a different name”. VPS merupakan Varian virtulasisasi server dari sebuah server fisik. Yang dibeli adalah server virtual, pengguna bisa memilih resource (Hardisk, RAM dan prosesor) sesuai kebutuhan dan melakuka intalasi Sistem juga sesuai kebutuhan. Perkembangan lain dari VPS adalah VPS SSD (Slid State disk) menggunakan tipe penyimpanan bukan hardisk tapi SSD.
  • Cloud Hosting/Server, menurut layanan Cloud  di Bluehost “Cloud Sites automatically distributes three mirrored copies of your data across multiple devices to ensure saftey and protection”. Jika anda butuh layanan yang lebih handal dengan banyak server namun tetap singkron dan terjaga kualitasnya jenis clould hosting ini mungkin cocok dengan anda. Namun Cloud bisa saja menggunakan server lebih banyak tergantung pada penyedia layanan cloud server.  Jenis layanan sejenis adalah cloud Application, layanan cloud namun langsung ke aplikasi yang lebih spesifik misalknya cloud WordPress.

Beberapa kebutuhan lain dari server yang mungkin anda butuhkan antara lain :

  • Layanan alamat IP Public dedicated : tambahan sebuah IP yang di dedikasikan khusus untuk website anda.
  • Layanan keamanan akses SSL /HTTPS
  • Tambahan Bandwidth jika sudah mau habis

Bingung Memilih Hosting Terbaik

Data center

Tips Memilih Layanan Hosting

Bagi pemula umumnya memilih jenis layanan share hosting  merupakan pilihan yang sesuai untuk para pemula hanya saja pilihlah provider yang sesuai.

  1. Harga Murah balum tentu bagus, coba bandingkan beberapa harga di beberapa penyedia hosting. Harga yang wajar yang sebaiknya anda pilih. Jika anda pemula dan asmih belajar pertimbangan ini sepertinya sudah cukup. Karena jika kedepan mau pindah hosting, layanan MIGRASI sangan mudah.
  2. Jika layanan Hosting website anda memang cukup krusial, gunakan penyedia hosting yang cukup memilik nama bereputasi baik. Jangan “paksakan” untuk memilih hosting yang murah. Secara umum biaya akan berbading dengan kualitas layanan.
  3. Jika anda punya cukup waktu, bisa coba baca review di beberapa web diskusi tentang hosting.
  4. Jika anda memang belum puas dengan layanan hosting dari peneyedia dalam negeri anda bisa gunakan penyedia luar negeri yang “umumnya” kualitas layanan lebih baik. Namun anda juga perlu review dan riset sendiri. Namun secara umum “Secara umum biaya akan berbading dengan kualitas layanan” tetap akan berlaku.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *