Melihat Statistik real time di Google Analytic

Berikut ini salagh satu google analytics tutorial untuk melihat Statistik real time di Google Analytic merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Google Analytic. Awalnya  fitur ini masih versi ujicoba (beta). Namun sekarang embel embel beta sudah dihilangkan, sepertinya layanan  ini sudah mualai stabil. Berikut ini saya sampaiakan beberapa menu yang ada di relatime ini. Untuk bisa mengenal lebih dalam bagian dari Menu Google Analityc yang meungkin jarang anda guankan. Sub menu utama dari Relatime adalah : Overview, Location, Trafic Source, Content, events dan conversion.

Pada menu Overview merupakan rangkuman apa yang sedang terjadi saat ini. Google analytics tutorial bisa dilihat pada gambar dibawah ini dari salah satu web yang kita pantau.

  • Right Now : menunjukan jumlah yang online / mebuka halaman yang ada di web kita secara bersamaan. Jumlah ini bisa naik turu n tergantung pada kualitas web kita
  • Tops Active pages : Halaman apa saja yang sedag dibuka oleh meraka yang sedang aktif tadi bisa dilihat di sini
  • Page view menjunjukan hilir mudik pengunjung dalam 1 menit yang melihat web kita.
  • Top referrals : merupakan web / url lain yang mendorong mengunjung masuk ke web kita.
  • Dibawah Right Now kita bisa lihat jumlah pengujung kita lebih banyak dari Desktop (PC) atau  perangakat mobile (Smartphone).
  • Dibawah ada TOP Keyword :  merupakan keywork yang di search oleh pengjung pada saat sebelum masuk web kita (pengjung yang online saat itu saja).

google-analitic-realtime-overview

 

Hal lain yang bisa dilakukan adalah melihat lokasi pengunjung dengan menggunakan “Locations”.  Lokasi utama adalah Negara, namun jika kita klik nama negara, misalkan Indonesia maka kita bisa melihat lebih detail dari kota mana saja pengujung web kita.

google-analitic-location

Menu lain adalah traffic Sources menunjukan distribusi pengujung yang online saat ini dantara lain dari :

  • Organic (google) : mesin pencari Google
  • Direct : lengsung masuk ke we dengan menulis URL atau nama web kita
  • Referral : Link dari website lain yang menarah ke website kita
  • Social Media : seperti Blogger, Facebook, Twiterr dan yang lain.

traffic-source

 

Jika kita ingin melihat reseume konten  dan berapa saja yang mengjungi URL tersebut kita bisa gunakan menu dibawahnya lagi yaitu “Content”. Menu juga bisa digunakan untuk melihat user selama 30 menit menggunakan : Pageviews (Last 30 min).

konten

 

Pada website yang mengujung masih rendah, misalkan kurang dari 500 age view perhari, biasanya pengujung realtime hanya ada beberapa saja. Pada screenshoot yang saya tampilakan diatas dari sebuah web yang memiliki pageview sekitar 3000/hari. sekian google analytics tutorial untuk salah satu fasilitas di google analytics,

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *