Konsultan Internet Marketing

Konsultan Internet Marketing atau Konsultan Pemasaran Internet atau konsultan pemasaran online merupakan bahasa lain dari seseorang yang berprofesi/berperan sebagai konsultan jasa pemasaran melalui media online atau internet. Media internet itu sangat banyak, umunya marketing membidik media yang paling banyak dipakai untuk online secara umum ada Website dan Email. Website ini yang sekarang beragam dan tidak hanya diakses lewat web msialkan Facebook, Google, Twitter, Instagram, Path, dan masih banyak yang lain. Aplikasi berbagai media tadi beragam saking banyaknya sebagian orang bingin dibuatnya. Mau pakai jenis pemasaran yang mana dan bagaimana caranya.

Apa itu Konsultan Internet Marketing?

Konsultan Internet Marketing bisa diatika sebagai seseorang atau lembaga yang berkerja untuk membantu orang lain atau lembaga atau institusi dalam pekerjaan pemasaran secara Online. Seperti produk offline, semua produk bisa dipasarkan secara online dari barang yang seukuran semut atau lebih kecil lagi, hingga barang yang sangat besar seperti pesawat terbang. Konsultan Internet Marketing bisa saja berperan sebagai konsultan /pendamping, bisa juga berperan sebagai pelaksana marketing. hal ini tergantung pada banyak hal baik kemampuan marketingnya atau juga keinginan dari pemilik produk.

Apa saja pekerjaan dari Konsultan Internet Marketing?

Seperti diulas diatas Konsultan Internet Marketing pekerjaan utamanya adalah sebagai Konsultan. Namun pekerjaan sebenarnya dari seoeorang atau lembaga Konsultan Internet Marketing sangat beragam. Pekerjaan teknisnya bisa dibuat perjanjian atau komitmen awal sebelum pekerjaan dimulai. Beberapa hal dari Konsultan Internet Marketing antara lain bisa sebagai

  1. Pendamping Secara Strategis IT dalam pemasaran
  2. Pendamping Teknis Internet Marketing jika memang sebuah perusahaan sudah punya tim marketing namun butuh pendamoing
  3. Pelaksana teknik Internet Marketing

Sebenarnya amsih banyak tugas dari Konsultan Pemasaran Internet yang lain karena bisa sangat beragam. Umumnya seorang konsultan akan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang tersedia.

Kapan anda perlu Konsultan Pemasaran Internet?

Kapan yang jelas bukan kapan-kapan seperti lagu “Koes Plus”. Anda yang masih terpaku pada cara pemasaran konvensional dan mulai melirik cara pemasaran online. Jika memang anda punya Produk banyak, bingung untuk menjual atau tidak segera terpasarkan karena keterbatasan dalam kemampuan marketing. Bisa juga anda yang pingin bisa meningkatkan omset penjualan. Atau anda yang sudaj mencoba memasarkan secara online dari cara autodidiak atau kursus atau workshop namun masih merasa gagal atau belum optimal. Biaya Marketing kog lebih mahal daripada hasil yang diperoleh. Yang jelas bisa banyak alasan untuk itu, mungkin yang paling urgen adalah Punya Produk menumpuk dan “tidak segera laku” sehingga perputaran uang jadi terhambat ini salah satu tanda anda perlu seorang Konsultan.

Siapa yang bisa jadi Konsultan Pemasaran Internet?

Pada dasarnya semuarng orang punya kesempatan untuk menjaid Konsultan Internet Marketing, namun yang memenuhi syarat. Yang bisa jadi konsultan tentunya adalah orang yang sudah berpengalaman lama baik secara keilmuan dan teknis dalam dunia online marketing. Seorang Konsultan Internet Marketing akan dihadapkan pada berbagai kasusu yang beragam yang tidak bisa langsung didapatkan sekali saja. Selain itu mereka juga selalu ilmu dan teknik yang dimiliki juga selalu di update karena ilmu marketing yang anda peroleh pada 2-3 tahun yang lalu bisa jadi tidak bisa 100% diterapkan sekarang. Dalam hal ini ilmu Internet Marketing dalah ilmu makerting yang Update.

Bagaimana seorang Konsultan Pemasaran Internet bekerja?

Konsultan Internet Marketing bisa bekerja sendiri atau dengan Tim memang sangat tergantung pada besar pekerjaan yang ditangini. Seperti pekerjaan yang lain Internet Marketing juga bisa puna bobot atau tingkat kesulitan. Misalkan memasarkan Baju, memasarkan Seminar, Memasarkan properti memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Tingkat kesulitan ini yang menajadi salah satu parameter “harga” yang harus dibayar oleh pelilik barang/jasa.

Seseorang Konsultan Internet Marketing selain punya pengetahuan juga akan menggunakan tools atau alat untuk membantu marketingnya. Tools para marketer sangat beragam, umunya para penyedia jasa konsultasi memiliki tools yang beragam dan juga tools ini bersifat tidak untuk diumumkan ke publik.

Berapa Biaya Konsultan Internet Marketing?

Ini pertanyaan yang tidak bisa dijawab dengan mudah banyak hal yang mempengaruhi antara lain sangat dipengaruhi oleh : tingkat kesulitan, lama pekerjaan, intensitas perkerjaan, tools apa saja yang akan digunakan. Namunsebagai gambaran biaya Internet Marketing sebenarany bisa jadi sangat murah dibangingkan dengan marketing secara konvensional. Misalkan biaya 10 Juta bagi anda yang memasarkan rumah seharga 2 Milyar mungkin masih murah, karena biasanya anda bayar Fee saja mungkin sekitar 2,5% sekitar 50 juta. Namun bagi anda yang ingin memasarkan barang yang murah biaya tadi mungkin terbilang sangat mahal, kecualai juga barang mjurah namun omzet juga bsia mencapai 2 Milyar.

Soal biaya biasanya para para Konsultan Internet Marketing sangat fleskibel, mau solusinya yang seperti apa tergantung pada kesepakatan yang dua pihak. Solusi apa yang diharapkan.

Dimana mencari Konsultan Internet Marketing?

Mencari Konsultan Internet Marketing sangat mudah, cukup ketik kata kunci tersebut di Google dan anda bisa menemukan website yang menyediakan jasa Internet Marketing. Website yang di posisi awal/teratas biasanya yang terbaik karena untuk mencapai posisi puncak butuh cara yang tidak mudah. Namun ada juga Konsultan yang “low Profile” sengaja tidak menampakan keahliannya di internet. Ada juga mungkin perusahaan Jasa Konsultan Internet Marketing besar namun memiliki web yang kurang bagus sehingga sudah dicari. Jika anda pingin cari yang tepat gunakan banyak sumber untuk memilih. Atau anda mau pakai jasa kami, boleh juga :).

Penutup

Internet Marketing adalah dalah satu cara memasarkan, berhasil atau tidaknya memang sangat diperngaruhi banyak faktor. Namun Keberhasilan dalam memasarkan secara online sudah banyak yang menikmati dan “ketagihan” yang awalnya Internet Marketing hanya sebagai pelengkap offline marketing saat ini berubah jadi Internet Marketing jadi hal yang wajib.

Image Screenshot : http://kickofflabs.com/blog/5-new-marketing-trends/

2 thoughts on “Konsultan Internet Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *