Kandang Ingkung : Makan sambil bermain Panah

“Kandang Ingkung” adalah sebuah Resto Ndeso di Jlitengan, Balecatur, Gamping. Lokasi memang tidak di tepi jalan raya namun akses menuju lokasi cukup mudah sekitar 2-3km dari Jalan Wates dicapai menuju lokasi ini. Ada beberapa akses masuk yang bisa di tempuh, Jika dari arah Jogja bisa masuk lewat Pabrik Kusuma Sandang ke selatan. Atau jika dari arah barat bisa masuk lewat selatan SPBU / Markas FPI masuk naik sekitar 3km.

Lokasi cukup dekat dengan Kantor BMKG DIY berada di perbukitan yang masih asri dengan suasana yang Ndeso dan sejuk. Kesan pertama saat masuk ke lokasi ini seperti masuk kampung dengan bangunan hampir semua terbuka dari bahan kayu dan Bambu. Di depan jalan terpampang Tulisan yang cukup jelas “Kandang Ingkung” berwarna merah. Tempat parkir yang cukup  menampung hingga sekitar 8 mobil, namun jika tidak cukup area tepi jalan cukup memadai untuk area parkir karena jalanan disini cukup sepi.

Masuk pertama akan terlihat rumah-rumahan kecil dengan ukuran yang beragam dengan meja yang terbuat dari kayu jati model lesehan. Terlihat ada sekita 4 rumah-rumahan yang nyaman untuk makan. Masuk kedalam akan dijumpai juga sebuah tungku api yang menyala dengan maskan air yang siap mendidih. Anda bisa ambil minuman kopi/jahe seara GRATIS disini.

Pilih tempat dan pilih menu yang ada, anda akan didampingi oleh pelayan restoran yang ramah dan friendly. rata-rata tunggu masakan antara 15-30 menit. Sambil menunggu disini sudah disapkan are memanah yang berada dibagian belakang restoran. dibalakang juga terdapat kolam ikan yang cukup menghubur anda.

 

Disisi barat ada sembuah mushola kecil dengan kapasitas hingga 10 orang, mushola juga cukup khas dengan bentuk terbuk mirip Kandang. namun tetap bersih dan layak tentunya buah ibadah sholat. Tempat mengambil air wudhu juga tidak terlalu jauh dengan air bersih yang lancar mengalir.

Menu makanan yang ada (Ingkung) menutur penulis cocok  dilidah dengan bumbu yang meresap. Disamping ingkung menu-menu lain bisa anda pilih sesuai dengan selera, semua Ndeso pokonya. Termasuk piring yang digunakan untuk menyajikan juga piring dari seng (Piring Jadul banget). Tampah dan oenyajian makan dengan daun pisang. Hampir tidak ada penyajian dengan bahan plastik disni, semua hampir natural mendekati ke suasan Ndeso yang Kampung banget.

Sempet ngobrol dengan pemilik resto, jiak resto ini baru buka sekitar 3/bulan saat saya pertama kali datang kesini akhir bulan Febrauri 2018. Buka pertama sekitar bulan Desember 2017. Silahkan coba nikmati makan dengan cara yang berbeda dan NDeso banget. 🙂

Tempat makan yang tidak biasa :

  • Unik Klasik : Bersantap ria dengan suasana asri segarnya udara pegunungan dengan view yang memanjakan mata.
  • Free Kopi : Menikmati kopi fresh dan jahe sepuasnya dari tungku dan bara api kayu tradisional, semakin menambah nikmat suasana .
  • Akses Mudah : Dekat dengan jalan Wates, menukmati kuliner ingkung ditempat yang istimewa.
  • Habasi makan bisa olahraga Memanah di belakang Resto, ada 4 Target pandah dan alat panah yang disediakan oleh pemilik.

Kontak :

  • Jlitengan, Balecatur, Gamping, RT 1 RW 27, Sleman, Yogyakarta
    (Selatan Kantor BMKG)
  • Telp/SMS/WA : 0813 2986 4579
  • Website : http://kandangingkungresto.com
  • Email : kandangingkungresto@gmail.com

Akses dari arah Jogja (Ambar ketawang /Gamping)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *