Cara bandingkan urutan data di Excel – Case SEO tanya veronika asisten virtual

Tulisan ini merupakan penjelasna singkat dari apa yang ada di video di Youtube. Video tersebut merupakan Tutorial singkat bagaimana cara membandingkan urutan pemeringkatan dari data dengan Excel – Case Kontes SEO Telkomsel tanya veronika asisten virtual. Karena Data berasal dari hasil pencarian google, maka perlu menangkap dulu data-data ini.

Kami menggunakan Link Klipper untuk menangak URL yang ada disebuah halaman web, agar bisa disimpan alam 1 file dan diolah kemudian. Link Klipper merupakan Extensi yang ada di Google Chrome yang bisa dignunakan secara gratis. Link Klipper – Extract all links (Offered by: Codebox) saat tulisan ini dibuat telah digunakan sekitar 60.000 user dengan rating 4.4 pada skala 5 dari 152 pengguna. Untuk menggunakan Extensi ini perlu instalasi terlebih dahulu di Google Chrome.

Perbandingan peringkat sebuah web di Google

Berikut ini Deskripsi yang diambil dari Link Klipper : Ekstrak semua tautan di halaman web dan ekspor ke file. Link Klipper adalah ekstensi chrome sederhana namun sangat kuat yang membantu Anda mengekstrak semua tautan di halaman web dan mengekspornya ke file. Tidak ada lagi kerumitan untuk menyalin setiap tautan dari halaman web dan menyimpannya satu per satu. Ekstensi ini memungkinkan Anda untuk:

  • Ekstrak semua tautan di halaman web
  • Simpan semua tautan yang diekstrak sebagai file CSV
  • Seret khusus area yang dapat dipilih di halaman web tempat semua tautan akan diekstraksi

Plugin ini akan menambahkan menu konteks klik kanan ke browser Anda. Dengan mengklik kanan pada bagian manapun dari halaman web, Anda akan dapat mengakses opsi di bawah entri menu konteks “Link Klipper – Extract Links”

Selanjutnya kami melakukan pembandingan data, Cara bandingkan urutan data di Excel – Case SEO tanya veronika asisten virtual Yang dilakukan di video ini :

  1. Pertama mendapatkan data dari SERP Google.co.id dari kata kunci tanya veronika asisten virtual.
  2. Menggabungkan hasil SERP di notepad ++
  3. Mengolah data dengan Excel (mengahpus data-data yang tidak diperlukan)
  4. Membandingkan data.

Tool yang digunakan disini

  • Microsoft Excel
  • Notepad + +
  • Google Chrome
  • Extensi / Ad On : LinkKlipper

Fungsi/Fitur Excel yang digunakan :

  1. Data Text to Colom (memisah-misal komponen data)
  2. Filter (seleksi data)
  3. Gabungan fungsi IF dan MATCH (Membandingkan data)
  4. Conditional Formatting (untuk membuat Warna wani kolom)

Cara ini bisa diterapkan untuk kasus yang lain, misalkan memantau pemeringkatan sesuah data waktu ke waktu dengan lebih mudah.

One comment

  • Hmm lumayan bagus sih, barangkali mas imam mau coba kombinasi dengan ranktank, jadi query tidak terlalu manual & bisa tau posisi diatas atau dibawah domain kita siapa, coba deh mas,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *