Apa itu Aplikasi Sepasar?

Sepasar adalah sebuah aplikasi yang dimanfaatkan guna mendukung proses pembelaajaran (edukasi) di Pasar teruta,a bagi pedangan pasar Tradisional. Pada awal pengembangan ini sepasar diimplemtasikan di Pasar Sambilegi, Maguwoharjo, Sleman, DIY. Kedepan Aplikasi ini akan dikembangkan untuk bisa gunnakan oleh pasar-pasar tradisional se-Indonesia.

Sepasar merupakan aplikasi yang mengabungkan aplikasi berbasis mobile Android dan web yang pendukung pembelajaran yang digunakan untuk mendukung pedagang pasar dalam memperdalam pengatahuan. Aplikasi ini mempertemukan Pedagang, Pemberi materi (pengajar), Relawan dan pengelola pasar dalam satu menajemen aplikasi. Pengajar akan membuat, menyajikan materi untuk Pedagang, Pedagang sebagai pengguna materi utnuk belajar didukung oleh relawan yang akan membantu pedagang di lapangan.

Aplikasi Sepasar

Dalam aplikasi ini terdapat berbagai jenis materi (course) yang bisa diperlajari secara mandiri atau dengan meminta dukungan/bantuan. Materi pemberlajaran dibuat oleh Pengajar yang memiliki akses aplikasi Sepasar melalui web. Perbedaan aplikasi sepasar ini dengan aplikasi pembelajaran yang lain yaitu dalam aplikasi ini pedagang bisa meminta bantuan (support) dari relawan/volunter untuk menjadi asisten dalam pembelajaran ini.

Informasi terkait Sepasar bisa diakses di web Resmi di Sepasar.id. Aplikasi mobile digunakan oleh Pedagang dan Relawan untuk belajar dan interakasi hingga relawan datang ke lokasi pasar untuk membantu pedagang. Relawan dan Tenaga pengajar secara terbuka bisa mendaftar dan gabung dalam aplikasi ini.

Aplikasi Sepasar ini merupakan produk dari Program Penelitian Terapan di Universitas Mercu Buana Yogyakarta tahun 2020 yang didanai Kemenristek-BRIN Republik Indonesia diketuai oleh Awan Santosa S.E., M.Sc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *