Access Point untuk Banyak User bersamaan

Access Point untuk Banyak User, Access Point (AP) untuk Banyak User Bersamaan dalam istilah sering disebut concurrent user (user pemakai bersamaan). WiFi kelas entreprise pada umunya sudah memiliki kemampuan ini. WiFi AP ini cocok untuk hight density WiFi dimana ada sebuah lokasi yang terbatas namun jumlah pengguna sangat banyak. Misalkan pada sebuah : aula, ruang kelas, Stadion Sepak Bola, ruang seminar dan sejenisnya. Pada satu waktu bisa saja banyak device (mobile, smartphone, laptop,dll) konek secara bersamaan.

AP Unifi WiFi dari Uniquty , ini merupakan Access Point untuk Banyak User dengan harga kurang dari 1 juta sekitar 800-900an ribu, Kami sudah mencoba AP jenis ini mampu untuk banyak user. Saat akses penuh pernah teramatai pengguna hingga mencapai 50an user Access Point ini tidak macet/hang. User baru masih bisa konek dengan sempurna. WiFi dengan software Controller gratis ini cocok untuk pengguna yang ingin WiFi dengan user banyak namun buget terbatas.

Ruckus Enterprise, Rukus merek lain Access Point untuk Banyak User Smart Wireless LAN dengan cukup banyak produk penyediaan koneksi nirkabel yang tangguh, berperforma tinggi bagi ribuan pengguna secara serentak dalam sebuah perusahaan besar. Salah satu teknologi Ruckus adalah BeamFlex ™ yang telah dipatenkan untuk Beamforming. Salah stu tipe dari Ruckus 7372 access point di klaims mampu melayani hingga 500 simultaneous users [1].

Cisco Meraki di kalim mampu menangani pengguna hingga 100 user per AP dengan koneksi total hingga 1.75 Gbps per AP. [2]

Meru Network dalam sebuah video yang di upload di Youtube pada 2010 mampu menangani 500 user dengan bergam koneksi hingga 100 Mbps [3]. Pada jenis AP yang terbaru misalkan AP832 sudah mempunyai kecepatan maksimal 1,3 Gbps di Port LAN-nya.

Aruba Network secara teori bisa mencapai 255 per AP-nya dari ifnormasi di forum user yang ditangai emang beragam bisa sekitar 60-70 user. [4]

Xirrus WiFi network : Xirrus salah stu WiFi enterprise dengan (low cost) katanya [5] namun sepetinya harga AP masih cukup mahal, misalkan  XR-620 dihargai sekitar $675 mampu menangani pengguna hingga 240 user (penulis belum menemukan link hasil test/diuji).

Widensity merupakan wifi produk dari Hongkong dari video test wifi ini hingga 80 concurent user [6]

Secara praktis memang WiFi AP sebaiknya tidak dipaksa untuk melayani pengguna dengan jumlah yang maksimal, jika memang high density WiFi sebaiknya tetap dipasang beberapa WiFi sesuai kebutuhan.

Yang lain (Nunggu Update)

Video Test Cisco vs Aruba untuk 60 user :

https://www.youtube.com/watch?v=C8gfnCVm-3o

Referensi untuk anda yang butuh Access Point untuk Banyak User :

  1. Ruckus 7363 vs 7372 – Which one should I use
  2. Cisco Meraki High Density WiFi
  3. Video (2010) Testing very high density WiFi Meru Netwok
  4. Community Forum Aruba wensite
  5. Xirus (not) Low Cost WiFi 
  6. WiDensity dari P2 Mobile technologies ltd

One thought on “Access Point untuk Banyak User bersamaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *