Webinar Editing dan Pengembangan Substansi Editor & Reviewer Menuju Akreditasi Sinta 1-2

Materi Webinar Editor Jurnal

Pusat Penelitian Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama (P3MK) UMBY mempersembahkan mengdakana Webinar dengan topik : Editing dan Pengembangan Substansi Editor & Reviewer Menuju Akreditasi Sinta 1-2.

Webinar ini menghadirkan Agus Eko Minarno, S.Kom., M.Kom (Editor In Chief Jurnal KINETIK: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics and Control) dan Ahmad Fauzi (M.Pd.Editor di Jurnal JPBI Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia).

Webinar Editor Jurnal

Yang diselengarakan pada Hari: Rabu, 9 Februari 2022 Pukul 08.00 – 11.00 wib melalui Zoom Meeting dengan peserta 75 orang dari berbagai Universitas/Institusi pengelola jurnal.

Ahmad Fauzi

Webinar ini Free pendaftaran dan Peserta: Editor & Reviewer Jurnal, Free e-sertifikat (Untuk peserta yang mengikuti pelatihan hingga selesai).

Agus Eko Minarno

Bagaimana mencari calon artikel untuk Jurnal baru? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain :Mengadakan webinar, kolaborasi dengan seminar nasional dan editor internal yang belum S2 didorong untuk S3 di laur negeri.

Susunan editor Menutur Ahmad Fauzi dalam materinya terdiri dari : Editor-in-Chief, Associate (Handling) Editor atau Section Editor, Editorial board, Assistant Editor (opsional) dan Admin (IT).

Tugas Editor apa saja? Cek kesesuaian naskah dengan ruang lingkup jurnal, Cek jumlah penulis dan Cek afiliasi penulis (opsional).

Tips saat mereview Naskah untuk Jurnal : Bila bukan blind review, jangan lihat informasi tentang penulis, jangan terlalu kasar, Gunakan bahasa dan kalimat yang mudah dimengerti dan bila memungkinkan, contohkan cara merevisi naskah sesuai rekomendasi Anda.

Imam Suharjo: