UMBY Langganan Grammarly dan adakan Workshop Grammarly

UMBY Langganan Grammarly dan adakan Workshop Grammarly

Bagian Publikasi Ilmiah P3MK Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) sebagai lembaga yang mendukung publikasi penelitian dan pengabdian selalu berupaya untuk memfasilitasi civitas akademika khususnya dosen/peneliti dengan peluang dan berbagai research tools. Saat ini di UMBY menggunakan Grammarly, sebagai salah satu research tools, aplikasi Grammarly mulai dilanggan oleh P3KM UMBY semester Gasal 2022/2023. Berdasarkan hal ini, pada hari Selasa, 31 januari 2023 P3MK UMBY menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Grammarly yang dilaksanakan secara online melalui zoom.

Sosialisasi penggunaan penggunaan aplikasi Grammarly dikemas dalam bentuk workshop (Workshop Akun Grammarly) merupakan rangkaian program Research tool yang diikuti oleh Operator Grammarly di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Kegiatan dibuka oleh Kepala bagian Publikasi UMBY Sowanya Ardi Prahara, S.Psi., MA dan di moderatory oleh Nilam Pradita. Semeter sebelumnya UMBY juga sudah menggunakan Turnitin Similarity : Comprehensive and efficient similarity reporting to quickly identify collusion.

Nisrina Rifa Salma sebagai Pemateri dalam Workshop Grammarly di UMBY (31/1/2023)

Grammarly sebagai sebuah aplikasi sangat membantu pengguna dalam mengatasi kesulitan dalam penyusunan tulisan atau artikel yang menggunakan berbahasa Inggris dengan cara mendeteksi grammar pada kalimat yang telah dibuat. Aplikasi Grammarly mudah digunakan dapat digunakan langsung di web browser atau diinstal di komputer, setelah melakukan regestrasi atau login, dapat langsung digunakan ketika tulisan atau suatu artikel sedang atau telah selesai disusun di Microsoft Word.

Baca Juga : Ini Dia Sosok Andre Prasetyo yang Wisuda Naik Sepeda Othel di UMBY

Beberapa menu dalam aplikasi ini terlihat saat sudah login (masuk) daintaranya : My Grammarly, Account, Apps dan set goals. Aplikasi Grammarly ini sangat membantu pengguna antara lain correctness dan clarity. Aplikasi Grammaly ini selain bisa memerika kesalahan dalam sebuah oenulisan seperti pada makalah ataupun artikel juga berguna untuk memeriksa berapa kemungkinan plagiarisme atau plagiarism check. Pemeriksan plagiarisme pada Grammaly cukup membantu, meskipun tidak selengkap Turnitin Similarity.

Dengan aplikasi Grammarly, pengguna dapat membuat tulisan/artikel dalam bahasa Inggris tersusun lebih baik dari segi tata bahasa, susunan kalimat lebih natural mudah dipahami seperti artikel bahasa Inggris umumnya. Hadir sebagai pemateri Grammarly dalam Workshop ini Nisrina Rifa Salma, dia sebagai Product Specialist Buana Group (April 2021 hingga saat ini).

Imam Suharjo: