Sekilas info tentang Universitas Terbuka

Universitas Terbuka adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984. Dalam proses pendidikan dan pembelajaran UT menerapkan sistem belajar jarak jauh (daring/dalam jaringan / e-learning) dan terbuka. Pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, namun menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi).

Universitas Terbuka adalah termasuk kelompok Perguruan Tinggi Negeri dan bersifat terbuka. Terbuka dalam pemberlajaran artinya adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SLTA), SMA atau yang sederajat.

Wisuda (sumber:FB UT)

Penyelenggaraan pendidikan di UT bekerja sama dengan semua perguruan tinggi negeri dan sejumlah perguruan tinggi swasta serta instansi yang relevan yang ada di Indonesia. Di setiap provinsi atau kabupaten/kota yang terdapat perguruan tinggi negeri, tersedia unit layanan UT yang disebut UPBJJ-UT. Perguruan tinggi negeri setempat berperan sebagai pembina UPBJJ-UT serta membantu dalam penulisan bahan ajar, bahan ujian, pelaksanaan tutorial, praktek/praktikum, dan ujian.

Cara Belajar di UT

Mahasiswa diharapkan belajar secara mandiri, belajar atas prakarsa atau inisiatif sendiri. Belajar mandiri dapat dilakukan secara sendiri ataupun berkelompok, baik dalam kelompok belajar maupun dalam kelompok tutorial. UT menyediakan bahan ajar yang bisa dipelajari secara mandiri. Apabila mengalami kesulitan belajar, mahasiswa dapat meminta informasi tentang bantuan belajar kepada Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) setempat. Oleh karena itu, agar dapat berhasil belajar di UT, calon mahasiswa harus siap untuk belajar secara mandiri.

Program di UT

Selain program Diploma, Sarjana dan Pascasarjana, UT juga memiliki program sertifikat, diantaranya:

  1. Kuliah Terbuka UT – Massive Open Oline Courses (MOOCs)
  2. Bahasa Indonesia bagi Bagi Penutur Asing (BIPA-UT) – Indonesian Language Program (ILP)
  3. Program Pendidikan Berkelanjutan
  4. Program Pelatihan Pembelajaran

Informasi terkait UT bisa akses di ut.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *