Magang Kampus Merdeka

Program Magang di Kampus Merdeka Buat Mahasiswa (dibayari)

“Magang” adalah sata satu bagian dari Kurikulum Kampus Merdeka Mahasiswa. Program magang ini adalah program baru bisa diselengarakan oleh kampus yang bersangkutan dengan pihak lain dengan kerjasama (Dunia usaha/ Dunia Industri). Disamping itu Kemdikbud juga menfasilitasi dengan mengadakan program magang yang terbuka buat mahasiswa. Magang yang dibuka melalui portal Magang Kemdikbud ini saat ini (Juni 2021) telah kerjasama dengan 106 Perusahaan/Mitra yang sanggup menampung sekitar 15- 25ribu mahasiswa magang.

Apa itu Magang?

Informas berikut ini kami sampaikan bersumber dari web kampusmerdeka.kemdikbud.go.id dan Materi Webinar “Workshop Magang dan Studi Independen Bersertifikat” yang diselenggarakan oleh Ditjen Ditki pada 7 Juni 2021. Apa itu Magang ? Dikutip dari web kampus Merdeka ada 3 hal yang menjelaskan tentang magang.

  1. Mendaftarkan diri dalam proses penerimaan mahasiswa magang
  2. Terlibat langsung dalam aktivitas internal institusi tempat magang
  3. Mendapatkan ilmu yang relevan dari institusi tempat magang
Program Magang Kampus Merdeka

Pendaftaran program Magang untuk Semester Ganjil TA 2021 / 2022 akan dibuka di bulan Juni sampai July 2021. Program Magang Bersertifikat hanya berlaku untuk kegiatan magang di ruang lingkup mitra kerja sama Kampus Merdeka.

Yang akan didapatkan dari kegiatan Magang ini?

  1. Keberlanjutan karir
  2. Peluang yang lebih besar untuk diterima sebagai karyawan di tempat magang
  3. Keterlibatan langsung dan mendalam
  4. Pengalaman kerja yang berharga untuk digunakan setelah lulus dari Universitas
  5. Gambaran nyata dunia bekerja
  6. Pengetahuan tentang praktik terbaik dalam Industri dan Sektor yang diminati
  7. Bangun dan perluas koneksi
  8. Jaringan dan hubungan dalam industri tempat magang

Linimasa kegiatan magang apa saja?

  1. Mahasiswa mendaftar PMMB
  2. Mahasiswa diseleksi secara Administratif dan Akademik
  3. Mahasiswa melakukan Magang Kerja
  4. Kinerja Mahasiswa Magang dinilai oleh Dosen Pembimbing dan Tempat Magang
  5. Perguruan Tinggi melakukan input nilai dalam KHS
  6. Perguruan Tinggi melaporkan pengakuan SKS
Program Magang Kampus Merdeka 2021

Magang Bersertifikat adalah bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Di program Magang Bersertifikat, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman kerja di industri/dunia profesi nyata selama 1-2 semester. Dengan pembelajaran langsung di tempat kerja mitra magang, mahasiswa akan mendapatkan hard skills maupun soft skills yang akan menyiapkan mahasiswa agar lebih mantab untuk memasuki dunia kerja dan karirnya.

Mahasiswa dari semua perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia yang terdaftar pada PDDikti dapat mengikuti program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka. Mahasiswa akan diseleksi secara Administratif dan Akademik oleh mitra magang. Program Magang Bersertifikat akan berlangsung selama 1 hingga 3 semester.

Kuota Program Magang Kampus Merdeka

Magang Bersertifikat adalah bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Di program Magang Bersertifikat, mahasiswa akan mendapakatan pengalaman kerja di industri/dunia profesi nyata selama 1-2 semester. Dengan pembelajaran langsung di tempat kerja mitra magang, mahasiswa akan mendapatkan hard skills maupun soft skills yang akan menyiapkan mahasiswa agar lebih mantab untuk memasuki dunia kerja dan karirnya.

Penilaian dalam pelaksanaan kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, dilakukan selama kegiatan berlangsung (penilaian proses) dan akhir kegiatan berupa laporan kegiatan belajar (penilaian hasil). Penilaian dalam proses dilakukan dengan cara observasi (kepribadian dan sosial) sebagai teknik utama. Sedangkan penilaian hasil dilaksanakan pada akhir pelaksanaan program dengan menggunakan laporan yang dibuat dan dipresentasikan oleh mahasiswa. Penilaian dilakukan oleh pendamping dari Pihak Ketiga (mitra magang) dan dosen pendamping di Perguruan Tinggi.

Video Webinar Workshop Magang 2021

Kegiatan merdeka belajar selama 1 semester disetarakan dengan 20 SKS. Duapuluh SKS tersebut dinyatakan dalam bentuk kompetensi yang diperoleh oleh mahasiswa selama mengikuti program tersebut, baik dalam kompetensi keras (hard skills), maupun kompetensi halus (soft skills) sesuai dengan capaian pembelajaran yang diinginkan.

Informasi lebih teknis bsai cek Akses ke Kampus Merdeka : https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/magang atau juga tanyakan ke Kampus masing-mising.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *