Pak, Judul Skripsi ini boleh tidak Ya?

Pak ijin bertanya, Apakah Judul Skripsi ini boleh tidak Ya? Sebuah pertanyaan yang umum dan meungkin berulang bagi seorang dosen. Ya wajar-wajar saja karena mahasiswa hanya sekali dalam mengambil skripsi dan berarap tidak mengulang skripsi seperti ulang Mata Kuliah. Wajar karena disemester 7 atau 8 memang sudah saatnya mahasiswa selesai Skrpsi dan Lulus. Tulisan ini untuk Pemula ya, dibuat dengan bahasa yang sederhana agar mudah dipahami, mengingat banyak pertanyaan berulang bagi saya pribadi.

Di berbagai Blog ada yang menulis contoh Judul Skripsi untuk Mahasiswa Jurusan titik titik, bisa saja anda menggunakan judul tersebut namun hal ini menjadikan salah paham dalam proses Penelitian. Ya Skripsi adalah bagain dari Proses penelitain yang dituliskan dan nantinya di Publikasikan. Menutut saya, ruhnya Skripsi adalah mengerjakan, meneliti, menguji dan menulis. Bukan tiba-tiba mementukan judul yang jatuh dari langit.

Berikut ini hanya sedikit Tips saja terkait Langakah menetukan judul skripsi masuk/tidak (Bukan Contoh Judul Skripsi) dan bisa dikerjakan atau tidak.

Judul Skripsi ini boleh tidak Ya?

Meskipun Secara Teknik bsia atau tdiak dikerjakan tergantung pada personal dari mahasiswanya. Secara umum berikut ini langkah praktisnya :

1. Tema Judul sesuai dengan Minat

Pastikan minat dan kemampuan ada sesuai judul dengan tema dipilih jika bisa jangan melenceng jauh. Jika punya kempuan yang komprehensif dan luas hal ini akan lebih baik. Kesempatan bagi mahasiswa semeter 1-6 untuk mengasah kemapuan umum dan teknis supaya lebih terbuka wawasannya. Skipsi bisa menggabungkan multi dispilin ilmu alan lebih baik.

Waktu mengerjakan Skripsi sangat singkat, jika mengerjakan hal yang diluar minat dan kemampuan. hanya 1-2 saja yang bisa mengerjakan sendiri. Skripsi itu butuhnya diselesaikan dengan cepat tidak perlu dengan judul yang WOW atau Bombastis 🙂

Suharjo cuma pesen saja

2. Judul tidak Duplikasi

Pastikan judul tidak duplikasi dengan Judul yang sudah di Publikasikan di Jurnal atau media publikasi yang lain, yang sudah ada. Misalnya ang GRATIS dan mudah bisa di cek https://scholar.google.com/. Bisa cek juga dengan Arsip di perpustakaan, Tantangan membaut judul skripsi baru memang semakin susah karena ada ratusan judul baru yang ada setiap waktu. Tapi dengan berbagai kemampuan dan triks judul-judul skripsi akan tetap bisa unik dan sedikit beda atau benar-benar beda dengan judul yang lain.

Cek Judul lain, Pilih Judul Skripsi Ibarat berkendaran tidak boleh hanya melihat lurus kedepan (menurut pandangan kita saja) tapi kanan, kiri, belakang mesti diperhatikan. Orang lain sudah mengerjakan apa, catat dan perhatikan. Biar luas wawan kita, seakan-akan ini hal yang benar-baru padaal diluar sudah ada yang memulai dengan hal terkait.

Imam Suharjo

3. Cari Referensi / Judul Lain

Cari referensi minimal 10 judul lain yang terkait tema pilihan. Akan lebih baik jika memilih judul yang banayk dirujuk dan judul-judl yang terbaru msialkan 5 tahun terakhir. Sebenarnya akan lebih Judul Publikasi akan banyak lebih bagus. Oya dicari download dan baca. Saat skripsi mahasiswa di tuntuk lebih banyak membaca, ambil data dan manarik kesimpulan tidak seperti kuliah umumnya yang cenderung pasif. Seleksi jadi minimal 5 sebagai dasar/Tinjuana Pustaka ini sebagai bekal untuk membuat Judul baru. Judul dibuat berbeda dengan Tijauan pusata tersebut, hal ini yang membaut judul sebagai judul baru yang beda. Beda dengan judul-judul yang kita tinjau tadi.

Jadi menulis Skripsi juga melihat judul/Penelitian yang sudah ada, bukan melakukan hal-hal yang baru semuanya.

Imam Suharjo

4. Tulis Judul Baru dan Konsultasikan

Tulis alternatif-alternatif judul baru yang beda dari judul yang sudah ada jadi sumber tadi (melengkapi, metode baru, pengembangan, penyempurnaan dll) konsulatsi dg Dosen. Sampaikan ke dosen bahwa sudah memelajari judul-judul penelitian sebelumnya yang terkait tadi dan memilih alternatif judul-judul tersebut. Ya ini kerjaan dosen juga untuk bisa mempepajari akan judul terseut masuk atau tidak, Dosen pada umumnya ya mesti akan cari-cari informasi juga. Karena Dosen tidak tau semua hal 🙂

Buatlah Alternatif-alternatif judul, jangan beranggapan bahwa dengan 1 judul saja pasti Oke. Skripsi akan selesai jika sudah di Uji bersama.

Imam Suharjo

5. Mulai Studi, membuat Time Line dan menulis

Buatlah rencana yang perlu cek juga dengan prosedur yang sudah ditentukan di Web. Tiap Kampus punya kebijakan sendiri-sendiri. Misalnya ada Seminar propsal, Pra pendadaran Pendadaran, dll. Cek ya beda lembaga beda mekanismenya, termasuk cara dan mekanisme bimbingan dengan Dosen pembimbing.

Skripsi yang bagus itu jika SELESAI. Skripsi akan selesai jika segera ditulis, dikonsultasikan dalam rentang waktu yang sudah ditentukan. Jika tidak ditulis hanya akan jadi impian dan angan-angans aja. Jika lewat waktu maka bablas sesemter berikutnya, ambil dan bayar lagi nambah masa studi.

Imam Suharjo

Mulai studi lebih dalam apakah bisa dikerjakan dalam waktu singkat 2-3 bulan saja. Masa kuliah 1 semster kurangi proses-proses yang lain, target skripsi selesai 2-3 bulan saja. Tulis proposal dg template yg ada, pelajari Sistematika dan cara penulisan yang benar. Misal cara menuliskan Sitasi dengan menggunakan Menu Reference, Mendeley, Zotero, Endnote atau Refworks untuk manajemen Sitasi/daftar Pustaka. Ya itu dulu ya, lain kali disambung, ada pertanyaan bisa tulis komentar dibawah ini. Semoga Lancar Skripsinya 🙂

Baca Juga : Menambahkan Reference model/Style IEEE di Microsoft Office

(2021 – Imam Suharjo / UMBY)

Imam Suharjo: