Mulai Meriah Lagi Kost, Mahasiswa dan (Pasca) Pandemi

Salah satu kost di Jogja, Mulai Meriah Lagi Kost, Mahasiswa dan (Pasca) Pandemi

Tak terasa hampir 2 tahun kita mengalami masa paling sulit saat pandemi. Tidak hanya harta, namun juga ada banyak nyawa yang hilang dari teman atau saudara kita. Termasuk penulis, cukup banyak juga teman-teman penulis baik muda atau tua yang sudah mendahului kita. Semoga teman, saudara kita yang sudah mendahului diampuni dosa dan diberikan tempat yang terbaik disisi Tuhan (Allah SWT).

Dampak Pandemi ini ke banyak sektor baik : pendidikan, Wisata, ekonomi, transportasi, sosial dan masih banyak yang lain. Salah satu dampak yang terasa, terutama di lingkungan penulis di Kota pendidikan Jogja adalah Kampus dan tempat hunian mahasiswa. Selama 2 tahun ini kampus relatif sepi, karena penerapan kegiatan kuliah secara online (daring). Ya mahasiswa biasanya Kost (kos/indekost), sewa Kost menyewa tempat untuk tinggal baik dengan biaya bulanan atau tahunan. Mengapa kost, kost merupakan pilihan paling ekonomis dan nyaman buat mahasiswa dan orang tua yang membiayainya. Menyewa kost itu sebagai besar dipilih karena rumah asalh jauh dari tempat kuliah/sekolah yang dipilih.

Sebagai kecil saja masyarakat yang “rela membeli rumah” untuk anaknya yang mau sekolah ditempat jauh. Orang yang seperti ini kadang kita jumpai juga karena memang memiliki kemampuan lebih, sekalian beli rumah untuk investasi, bisanya perumahan yang jadi tujuan. sebagai gambaran jika di Jogja Kota kost berkisar antara 500rb hingga 1,5 juta perbulan. Sementara untuk bisa memiliki rumah bertype sederhana yang tidak jauh dari kota Jogja bisa berkisar antara 200 – 400juta, untuk rumah sederhana dalam kota Jogja bisa jadi harganya sudah lebih dari 500juta.

Baca Juga : Kampus Swasta dengan Jurusan Manajemen di Jogja

Pada tahun pertama pademi, banyak tempat kost yang kosong ditinggal pulang penghuninya. Sementara mahasiswa baru juga belum membutuhkan kost saat itu. Namun saat ini sudah mulai berangsur pulih, meskipun belum 100% seperti kondisi awal pandemi. Sudah mulai banyak mahasiswa yang datang dan mencari kost, karena secara umum bulan Agustus /September ini rata-rata kampus sudah menerapkan kuliah data muka dikelas (luring).

Mencari Kost

Bulan-bulan Juli-Agustus ini jadi rutin dan ramai pencari kost cari tempat kost yang terbaik sesuai dengan kebutuhan. Saat ini dengan perkembangan teknologi informasi memilih tempat kost tidak susah seperti jaman dulu ada banyak Situs Kost Online atau informasi yang bisa kita dapatkan hanya dengan membuka dari HP kita. Ada banyak platform yang menyajikan informasi mengenai properti Indekos kost yang disewakan dengan harga kost, fasilitas kost dan gambar kost. Platform informasi kost kami memberikan kemudahan bagi pencari info kost terdekat di sekitaran daerah yang dinginkan.

Kemudahan-kemudahan yang diberikan dari penyedia layanan informasi kost adanya fitur filter harga kost yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, tentunya fitur ini akan sangat membantu mendapatkan kos yang sesuai budget dengan cepat. Selain itu, jenis kost, jam bertamu dan juga filter fasilitas kamar kost yang dapat sehingga bisa mendapatkan kamar kost yang nyaman sesuai kebutuhan.

Hal yang penting dalam mendapatkan Informasi kos yang disewakan terkait akurasi kebenarannya informasi. Kemudahan juga pastinya diberikan tidak hanya kepada pencari kos, tapi juga kepada pihak pemilik kost terkait informasi kos yang disewakan. Untuk transaksi awal perlu pastikan kebenaran data ya, sebelum transaksi pembayaran DP. Sebaiknya pastikan sudah melihat dan bertemu dengan pemilik /pengelola kost tersebut, ini adalah cara teraman yang bisa digunakan untuk memastikan kos memang benar sesuai dengan yang ada. Teman satu daerah yang sebelumnya telah merantau umumnya bisa membantu hal ini atau lewat komunitas daerah yang ada dikota tujuan.

Imam Suharjo: