May 20, 2022

Pandemi covid-19 begitu “menyiksa” salah satunya di dunia perkuliahan. Sekali dua kali kuliah online mungkin enak, tapi kalau semua online ya “mblenger” juga didepan Laptop/Hp Terus. Hehee…. Kuliah online terus terusan bosen juga, tidak hanya mahasiswa, dosen juga. Namun apapun tetap perlu di syukuri ya.. masih bisa belajar bersama dengan segala keterbatasan yang ada.

Selain juga boros kuota bagi yang tidak punya koneksi rumah permanen. Beberapa kampus di Jogja terlihat sudah mulai kuliah offline ujicoba, Kuliah di Jogja sudah mulai meriah, meski belum semeriah dulu.

Sekiit obrolan dengan teman dosen pak SQ namanya pendeknya, di kampus FTI minggu ini sudah mulai ujicoba kelas offline. Lumayan mahasiswa sangat antusias, namun regulasi kampus hanya ijinkan 30 orang perkelas. Hanya ada 4 kelas mata kuliah dalam 1 prodi dalam ujicoba kali ini. Kuliahnya di gilir, minggu ini dan minggu besok bisa beda orang. Kuliah tetap mixing, blended learning. Ada kuliah offline dan bareng dengan online disiarkan lewat zoom bagi yang tidak masuk kelas.

Kapan Kuliah Offline di Kelas lagi?

Sebuah harapan yang mundur, rencana semeter gasal 2021/2022 Kampus kampus rencana sudah mau offline, namun tiba-tiba covid19 Njebluk lagi di Juli-Agustus 2021. Kita relakan offline di tunda, ikut aturan pemerintah. Pendaftraan Kuliah dikampus jalan terus, termasuk pendaftaran kuliah di Jogja.

Desember 2021 sempet ada prediksi ada gelombang covid, semoga saja tidak ada. Dari pantauan data orang yang kena covid sudah melandai. Sepertinya prediksi ini tidak tepat, dan kita juga tidak berharap adanya Omicron varian baru covid19 berakibat fatal dan bikin njebluk lagi.

Angka orang yang telah di Vaksinasi covid19 juga sudah cukup tinggi, cukup beragam di tiap daerah. Ada yang sudah 70% bahkan ada yang sudah mencapai 80%, vaksinasi juga masih terus di gencarkan. Secara nasional 69 dan 100 orang (69%) sudah mendapatkan vaksin covid19 data pada tanggal 8 Desember 2021 di web vaksin.kemkes.go.id.

Terus kapan Kuliah Offline?

Dikutip dari detik, Mas Menteri di Bulan Agustus 2021, Nadiem Makarim menyatakan perguruan tinggi di wilayah PPKM level 1-3 diperbolehkan gelar kuliah tatap muka. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengatakan, kebijakan terbaru Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 hingga 3 membuat perguruan tinggi di wilayah tersebut dapat melaksanakan pembelajaran atau kuliah tatap muka terbatas.

Ini beberapa info kampus sudah ujicoba tapa muka, termasuk kampus negeri seperti UGM ada tatap muka terkendali di oktober 2021. Beberapa kampus yang umumkan dan siap kuliah tatap muka antara lain :

  1. Universitas Brawijaya Siap Kuliah Tatap Muka Februari 2022, Ketentuan kuliah tatap muka. Melalui Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Tahun Akademik 2021/2022.
    USU Siap Gelar Kuliah Tatap Muka Januari 2022
  2. Kampus di Depok Bersiap Kuliah Tatap Muka, Perguruan tinggi di Kota Depok akan segera menggelar Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Syarat utamanya yakni mahaiswanya.
  3. Januari 2022, Institut Teknologi Bandung (ITB) akan mulai mengelar kuliah tatap muka atau luring mulai Januari 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published.