IDNOG 8: Bangun Keamanan Siber dan Perlindungan Data Era AI

IDNOG 8 Bangun Keamanan Siber dan Perlindungan Data Era AI

Jakarta, 27 Juli 2023 – Indonesia Network Operators Group (IDNOG) dengan bangga mengadakan Workshop dan Konferensi ke-8, IDNOG’08, yang berfokus pada keamanan siber dan perlindungan data di era kecerdasan buatan (AI). Acara ini diselenggarakan di Raffles Hotel Jakarta, dihadiri oleh para ahli, profesional, dan engineer jaringan dari berbagai negara.

IDNOG adalah acara tahunan yang menjadi wadah bagi para engineer jaringan di Indonesia untuk berbagi pengetahuan, berdiskusi, dan membangun hubungan dalam industri jaringan dan teknologi informasi.

Workshop IDNOG berlangsung pada 24-26 Juli 2023 di ASTON Kartika Grogol Hotel & Conference, Jakarta Barat. Dalam workshop ini, peserta mendapatkan pemahaman mendalam tentang teknologi utama SDN (Software-Defined Networking) dan tantangan keamanan yang terkait dengannya, dipandu oleh pengajar berpengalaman dari APNIC (Asia Pacific Network Information Centre).

Baca Juga : Cyber Security and Connectivity Fondasi Tak Tergantikan bagi Perusahaan Finansial

Sesi konferensi IDNOG’08 pada tanggal 27 Juli 2023 di Raffles Hotel Jakarta menampilkan beragam topik menarik, termasuk presentasi dari Michael Takeichi yang membahas tentang RFC2622, Routing Policy Specification Language & RPKI in Internet Exchange. Para peserta konferensi juga dapat bertemu dengan banyak ahli dan profesional di industri jaringan, termasuk para pakar keamanan siber dan pemimpin dalam bidang AI.

Talk Show : Cyber Security 

Panelists :

  1. Farah Fitria Rahmayanti (Head of Digital Business at Peruri)
  2. Gildas Arvin Deograt (Ketua FORMASI (Forum Keamanan Siber dan Informasi) dan Senior Konsultan Keamanan Siber dan Informasi)
  3. Martianus Frederic Ezerman, Ph.D (CEO and Resident Cryptographer at Sandhiguna  and Adjunct Assistant Professor at Nanyang Techological University, Singapore)
  4. Muhammad Salahuddien Manggalanny (Deputy of Operation CSIRT.ID)
  5. Semuel A. Pangerapan (Director General Aptika Kementerian Kominfo)
  6. Moderator : Parlindungan Marius

Dalam acara IDNOG’08 ini, para peserta diberikan kesempatan untuk mendapatkan wawasan terbaru tentang perkembangan terkini di dunia jaringan dan teknologi informasi, sehingga dapat terus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mereka dalam menghadapi tantangan keamanan siber yang semakin kompleks.

Baca Juga : Punya siapa IP Publik yang di Jual di Marketplace?

Riza Tantular, Ketua IDNOG, menyampaikan apresiasi atas partisipasi dan dukungan dari seluruh peserta. “IDNOG’08 menjadi ajang pertemuan yang sangat berarti bagi seluruh engineer jaringan di Indonesia dan juga negara-negara lainnya. Dengan kerjasama dan kolaborasi yang kuat, kita dapat bersama-sama meningkatkan keamanan dan performa jaringan di era AI yang terus berkembang,” ujarnya.

Baca Juga : Isi dari Surat edaran Kemdikbud Nomor 16 Tahun 2023 Tentang : Pencegahan Dan Penanganan Insiden Keamanan Siber SPBE

IDNOG’08 memperkuat peran IDNOG sebagai sarana yang efektif untuk meningkatkan kemampuan profesional di industri jaringan, sambil membuka kesempatan untuk membangun koneksi dan jaringan yang kuat di kalangan para pakar dan profesional. Semoga acara ini menjadi langkah maju dalam upaya membangun keamanan siber yang lebih kokoh dan perlindungan data yang handal di masa depan.

Info : https://www.idnog.or.id/in/event/52/idnog-8—2023.html

Imam Suharjo: