free music no copyright tapi kog copyright?

Free music no copyright tapi kog copyright? Iya mas Bro/Sis tidak semua hasil pecarian yang ditemukan dari “free music no copyright” itu gratis dan bisa dipakai secara bebas. Kog bisa, iya bisa saja karena pernah mengalami sendiri dan tidak melakukan cek dan cross cek sebelumnya. Kebutuhan musik (gratis) biasanya diperlukan saat mau bikin video sebagai musik latar belakang (Backsound) atau musik pengiring.

Pernah sekali awalnya percaya saja dari hasil pencarian free music no copyright, Free Music Theme bla-bla.. Langsung dipasang di video, dan begitu tanyang di Youtube. Habis tayang langsung dapat notifikasi kalau musik yang digunakan merupakan musik yang mengadung hak cipta (copyright). Memang busak kesalahan vatal waktu itu kaya Youtube, karena masih bisa tanyang dengan normal. Waduh.. ya sudah terpaksa diganti saja dengan free musik dari Youtube karena dah terlanjur tayang.

Jadi perlu pastikan dulu apakah free music no copyright itu benar-benar bebas dan tidak ada unsur copyright. Paling mudah mungkin bisa percaya pada deskripsi dan komentar yang ada jika ini tampil di video. Atau bisa juga coba telusur dengan nama yang sama dengan musik yang ada di deskripsi.

Jika memang musiknya benar-benar tidak tidak diketahui apa judulnya, saya bisa menggunakan “Google” untuk penarian dengan menggunakan suara/musik. Satu 1 HP membuka Google pencarian, satu HP memutar musik-nya. Biasanya Google akan dengan mudah menemukan musik, judul dan penyanyi aslinya siapa.

Google penacrian Lagu (Song)

Google punya algoritma yang sangat bagus untuk mencari/deteksi ini lagu apa. musik apa. Biasanya hanya dengan memutar lagu beberapa detik saja (10-15 detik) Google punya pilihan jawaban. Anda bisa cek untuk pastikan ini musik apa. Penulis mencoba cari dengan musik (bahasa Jepang) ternyata Google juga bisa dengan mudah menemukan.

Salah satu Favirit free musik yang banyak digunakan orang adalah, Bensound offers royalty free music for video creators. You can use all music from this channel in your YouTube videos as long as you give attribution to Bensound. Bisa dicek di Websitenya Bensound.com atau di Kanal Youtube https://youtube.com/c/BensoundMusic. Ada banyak free musik dan non copyright, ada juga ada koleksi-koleksi Bensound yang noncopyright namun perlu beli (membayar).

Selajutnya terserah anda untuk memilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *