ASEAN Disaster Emergency Response Simulation Exercise 2023 (ARDEX-23) di Bantul pada 31 Juli – 3 Agustus 2023

ASEAN Disaster Emergency Response Simulation Exercise 2023 (ARDEX-23) bakal diselenggarakan di Bantul pada 31 Juli hingga 3 Agustus mendatang. ARDEX sendiri merupakan latihan penanggulangan bencana untuk negara-negara ASEAN yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Dikutip dari FB pemab Bantul (9/3/2023).

Sekretaris Utama BNPB, Lilik Kurniawan, menyebut alasan dipilihnya Kabupaten Bantul sebagai tempat penyelenggaraan ARDEX-23 karena selain memiliki kapasitas bagus, Bantul memiliki relawan dan komunitas kebencanaan terbanyak se-DIY. Latihan ini sekaligus refleksi terhadap 17 tahun gempa bumi Bantul.

Mengamini hal tersebut, Kepala Pusdiklat Penanggulangan Bencana BNPB, Berton Panjaitan, menambahkan, ARDEX-23 juga diharapkan dapat memberi pemahaman lebih terkait penanggulangan bencana. Dari sini, akan terlihat apakah SOP kebencanaan yang ditetapkan bisa diterapkan optimal, atau perlu pembaruan.

ASEAN Disaster Emergency Response Simulation Exercise 2023 (ARDEX-23) bakal diselenggarakan di Bantul pada 31 Juli hingga 3 Agustus mendatang

Sementara itu, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, menyampaikan Bantul akan bersiap sebagai tuan rumah dengan maksimal. Bukan sekadar seremonial, melainkan bagaimana Bantul mengemban tanggung jawab sebagai daerah yang dipercaya untuk agenda internasional.

Oleh sebab itu, Bantul akan mengerahkan seluruh sumber daya yang ada demi kesuksesan ARDEX-23. Apalagi, potensi gempa bumi di Bantul cukup besar sehingga diperlukan kesadaran tanggap bencana oleh semua pihak.

editor1: