May 22, 2022

Menurut kamu yang sering perjalanan jauh terutama waktu malam, doppingan apa yang paling cocok untuk teman nyupir luar kota apa lagi nge TOL sendirian biar ga ngantuk?

Sebuah diskusi di FB group Motuba. Ada yang sering minum energy drink merk tertentu dan rokok putihan. Ada yang bilang sangat efektif bikin ga ngantuk, cuman efeknya tenggorokan kaya di garuk kalo abis tidur. Tapi efek jangka panjang juga ada.

Baca Juga : Perjalanan Panjang yang lumayan Singkat

Tidak ada obat ngantuk paling mujarab selain tidur. Jam mepet seperti apapun kalo ngantuk udah gak ketahan mata meneteskan air mata, bahkan kadang bawa mobil macam halusinasi seketika langsung cari tempat parkir yang aman. Tidur sekitar 15 menit sudah cukup segar buat mata untuk start lagi sejauh berpuluh puluh kilometer.

Info lain Kalo kopi rokok hanya sebatas hiburan biar gak “kecut” dijalan dan kalo dopping energy drink baiknya dhindari, sudah banyak yang kena efek jangka panjangnya.

Info lain dari Hary, perjalanan sekitar 500 km dari kediri hingga banjarnegara selalu mengutamakan safety & memahami micro sleep.

  1. Rutin olahraga
  2. Istirahat/tidur yg cukup sebelum perjalanan jauh
  3. Tidak makan/ngemil yg kenyang/berat sebelum & saat perjalanan jauh.
    4.minum air putih yg cukup & istirahat ketika merasa letih/mengantuk.

Buat yang sering minum energy drink, hati-hati dengan ginjalnya. Tindakan Preventifnya :

  1. rajin olahraga
  2. banyakin minum airputih
  3. pola tidur yang baik
  4. makan makanam bergizi seimbang.

Tp kalo jaga-jaga ngantuk dalam perjalanan padahal tidur cukup dapat minum kopi item tanpa gula, atau pakai gula jagung rendah kalori klo g bisa pahit. Jika dalan perjalanan mengalami ngantuk berat lebih baik diganti atau menepi, cari posisi aman dan nyaman trs tidur sebentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.