Membuat Jaringan Telepon Sistem VOIP untuk Kantor

VOIP (Voice over Internet Protocol) merupakan teknologi untuk menyalurkan suara melaui jaringan paket data berbasis IP (internet protocol).  Jaringan yang digunakan bisa dalan jaringan Lokal (LAN) atau Internet tergantung pada kebutuhan. Saat ini kantor dan perusahaan sudah mulai menggunakan solusi untuk VOIP mengganti jaringan telepon mereka. Beberapa keutungan telepon VOIP antara lain berupa :

  1. Komunikasi bisa lebih murah bahkan dirasa gratis pada perusahaan yang yang punya koneksi /jaringan internet/intranet yang bagus.
  2. Perangkat sudah cukup murah dan tersedia bahkan bisa menjadikan smartphone yang sudah ada sebagai device untuk telepon VoiP.
  3. Pembuatan Infrastuktur jaringan relatif lebih murah atau sudah tersedia.
  4. Konfigurasi lebih mudah.

Sistem telepon berbasis IP topologi secara umum hampir sama dengan telepon analog PBX hanya media dan perangkat yang berbeda. Klu dilihat lebih dalam lagi jenis trafik yang lewat juga berbeda. Kebutuhan minimal untuk membuat sistem telpon VOIP atau Sistem IP PBX adalah sebagai berikut :

  1. VOIP Server : Sebuah IP PBX Server bisa berupa sebuah device khusus atau menggunakan PC Komputer yang di install software VOIP Server seperti : Asterist, Elastix, EasyPBX, dll
  2. VoIP Clinet : Beberapa Perangkat Telepon berbasis IP atau IP Phone bisa menggunakan perangkat telephone : IP Phone (Voip Phone), Komputer/Smartphone di beri software VOIP softphone client.
  3. Jaringan yang menghubungkan Server IP BBX dengan Pesawat Telepon IP Phone /Softphone
  4. Jaringan telepon PSTN atau selular jika dibitihkan VOIP kita supaya bisa berinteraksi (bertelefon) ke keluar jaringan atau ke Operator telepon.

Dengan 4 hal diatas cukup untuk membuat sistem VOIP sederhana di kantor anda.  Tiap perangkat akan punya nomor extensi khusus yang bisa kita atur sendri nomro dan jumlah digitnya. pada kasus khusus mungkin adna juga perlu parngkat IP gateway, Adapter dari telepon analog ke IP Phone.

Jika anda butuh informasi lebih lanjut bisa sharing dengan kami disini saya secara pronad sudah cukup lama menggunakan dan mencoba VoIP untuk untuk komunikasi yang yang lebih efiesien.

One thought on “Membuat Jaringan Telepon Sistem VOIP untuk Kantor

  1. asw…mas Imam, sy adhi, admin di sebuah kantor yg karyawannya sekitar 100 orang dimana bagian-bagiannya sangat berkaitan artinya dari bagian 1 di otorisasi ke bagian 2 trus di acc di bagian 3 dst…jadi sy sangat butuh sistem komunikasi seperti ini.

    sy sangat berharap mas Imam u bisa membantu sy mengajarkan dan merealisasikan sistem ini.

    trims mas Imam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *