Green Jobs: Peluang Kerjanya Anak Muda untuk Indonesia Lebih Bersih

Apa yang ada dibenak kita saat ada lontaran kalimat “Green Jobs: Peluang Kerjanya Anak Muda untuk Indonesia Lebih Bersih”. Saya hanya cerita dengan gambar-gambar saja sebagai anak muda dan teman-teman yang sudah menjelang tua supaya jika ini bermanfaat bisa jadi tambahan cerita dan mungkin motivasi. Apa yang dilakukan anak muda melihat fenomena yang ada didekatnya. Ini hanya sebuah share bukan untuk pamer ataupun menggurui, hanya berbagai saja :). tulisan tidak urut dan lompat-lompat ya, harap maklum. Adanya Foto dan kita cerita dari Foto-foto ini.

Green Jobs yang pertama : Peluang Kerjanya Anak Muda untuk Indonesia Lebih Bersih. Tangki air bersih buat makan minum saudara kita di Gunungkidul bagian Selatan. Iya daerah kelahiran kami di Gunungkidul bagain selatan sebagai besar tandus dan kering, sebagain daerah memang sudah mendapatkan suplay air bersih dengan lancar dari berbabai sumer air didalam tanah seperti dari Goa Bribin dan Seropan. Karena sangat luas, belum semua daerah bisa menikmatai air dengan mudah apalagi dimusim kering.

Bantuan air bersih dari Ekamas97 (Foto Group WA Ekamas)

Sumber air bersih sangat jauh dan terbatas, ini salah satu upaya yang bisa dilakukan memberikan supply air bersih untuk suadara kita. Sebenarnya air bersih ini juga ddidapatkan dari daerah lain di Gunungkidul yang suber air bersih lebih melimpah seperti di dekat kota Wonosari, Karangmojo atau Ponjing. Peluang Kerjanya Anak Muda untuk Indonesia Lebih Bersih patungan untuk droping air bersih, salah satunya bersama teman Ekamas97.

Green Jobs Kedua : Peluang Kerjanya Anak Muda untuk Indonesia Lebih Bersih menjaga alam supaya tetap Lestasi dan hijau. Ini adalah Obyek Wisata Kali Biru di Kulon progo, diambil sekitar 3 tahun lalu jauh sebelum pandemi menyerang dunia. daerah ini merupakan perbukitan yang harus dijaga kelestariannya, wisata disini melihat dan menikmatai alam. Kami disni sebagai penikmat alam merasa nyaman bisa menikmati udara dan suasana yang sejuk di Kali Biru. Warga disana menjaga alam dengan tetap menjaga dan menanam pohon supaya tetap hijau dan lestari.

Ya disana banyak spot foto yang dibuat dengan cara yang ramah lingkungan, hampir semua dibagun dengan memperhatikan alam dan tidak merusaknya. Ada View Waduk sermo dibawah disana. Peluang Kerjanya Anak Muda untuk Indonesia Lebih Bersih jadi keseharia warga disana.

Green Jobs ketiga : Peluang Kerjanya Anak Muda untuk Indonesia Lebih Bersih ini salah satu Obyek Wisata di Wonogiri. Masih asri dan relatif natural, sebuah sungai dengan batu-batu yang sangat besar ada disana. Selain sungai disana ada sebuah petilasan yang dipercaya sebagai sebuah petilasan. Dlepih Kahyangan Namanya, sempat bikin Video Juga di Dlepih Kahyangan tempat ini tahun lalu (2020).

Tempat ini bernama Kahyangan Dlepih Kahyangan, Tempat Sakral yang masih hijaun namun yang “Benci” Warna Hijau di Wonogiri. Pengujung yang mau kesana “dilarang” menggunakan pakaian berwarna hijau, demikian kepercayaan yang dipercaya oleh masyarakat sekitar. Aliran air disini mengalir sepanjang tahun, pada musim kering terlihat jernih seperti ini. Sebagai tambahan info aliran sungai ini juga jadi mata air kehidupan warga Dlepih dan sekitarnya untuk kelangsungan hidup, mengairi sawah dan beberapa kutuhan air yang lain. Peluang Kerjanya Anak Muda untuk Indonesia Lebih Bersih menjaga obyek ini agar tetap hijau dan lestari.

Green Jobs keempat : Peluang Kerjanya Anak Muda untuk Indonesia Lebih Bersih dari foto di Sedayu Bantul, tepatnya di Selatan Stasiun Rewulu. Sekitar setasiun masih terlihat banyak Sawah yang menghijau, produksi padi disana sangat melimpat dan jadi penghasilan utama para petani. Dissaat foto ini diambil masyarakat disini habis panen, hampir bersamaan dalam berpanen. Sawah mereka ditanami padi 2 kali dalam setahun, masa ketiga bisanya didiamkan untuk meberikan waktu bagi sawah agar beristirahat dengan cara alamiah.

Hamparan sawah habis panen dekat Stasiun Rewulu (foto Imam Suharjo)

Peluang Kerjanya Anak Muda untuk Indonesia Lebih Bersih salah satunya bagaimana bisa menjaga lahan hijau ini tetap hijau tidak banyak berkurang dengan berubah fungsi jadi beton. Memang rumah tinggal tidak bisa dihindari, namun seyogyaknya tidak dengan bebas merubah lahan hijau menjadi tidak hijau lagi. Perlu ditata dan dikeoloa dengan baik buat masa depan dan kehidupan dikemudian hari.

Green Jobs yang lain : Peluang Kerjanya Anak Muda untuk Indonesia Lebih Bersih masih banyak, anda bisa ceritakan di komen dibawah ini ya.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *