Virtualmin Dilengkapi File Manager non Java

Jika ada pengelola server dan menggunakan Web Control Panel : Virtualmin, saat ini anda mungkin akan lebih nyaman. Ada penambahan modul di Virtualmin Dilengkapi File Manager non Java.  Dalam Webmin (Virtualmin) terbaru di versi 1.770 saat ini sudah delengkapi dengan File Manager non Java (JRE). Sehingga pengguna bisa menikmati File Manager tanpa harus menggunajan Java Run Time Environment (JRE). Cukup menggunakan Browser biasa File manager bsia terbuka. Akse ke File manager ini jauh lebih simpel dan ringan dari pada java file manager. Anda bisa daptakan file Manager ini dengan upgarde webmin ada ke versi yang terkini (1.770) atau yang lebih baru.

Dalam akses di Webmin di File manager ada di dalam Menu “Other”. Namun sayangnya secara default File manager belum otomatis tersetup pada setiap user di Virtualmin. User biasa selain root masih diberi fasilitas Java File Manager saja. Sehingga perlu sedikit di Konfigurasi supaya user biasa bisa menggunakan File Manager. Namun anda bisa tambahkan secara mudah fitur ini caranya anda bisa buka link ini Menambahkan menu File Manager di User Virtualmin.

Sepertti tertulis di http://doxfer.webmin.com/Webmin/HTML_File_ManagerOn this page the HTML File Manager module is documented, and its features such as copying and pasting, creating files, and searching are explained. HTML File manager is included by default starting with webmin version 1.762. The HTML File Manager is called Filemin, and was created by Alexandr Bezenkov. The ‘old’ File Manager has been renamed to Java File Manager, and File Manager will now point to HTML File manager.”

Fitur file manager ini dibuat unstuk bisa diakses dengan HTML saja dan sudah ada sejak webmin versi 1.762 dengan nama modul filemin. Modul ini dibuat oleh Alexandr Bezenkov. Beberapa fitur dari File manager ini antara lain :

  1. Navigating directories, viewing and editing files, renaming files
  2. Moving and Copying files
  3. Editing file permissions
  4. Finding files
  5. It is possible to bookmark folders, so that future access to that folder can be done quickly.
  6. Compress (ZIP file) dan Unzip File
  7. Download dengan WGET

Tertarik mencoba, cek webmian kamu versi berapa 🙂

editor1: