Suasana sekitar Pasar Munggi Semanu Maret 2022

Suasana sekitar Semanu Gunungkidul pada Minggu 27 Maret 2022, yang pertama suasana sekitar Pasar Munggi. Begini Suasana siang hari sekitar jam 10 dekat Terminal Munggi Semanu atau Toko Balad pada 27 Maret 2022. Dulu terminal Munggi ini cukup bahkan sangat ramai, jadi mengkal angkutan pedesaan atau juga angkutan yang menuju kota Wonosari.

Suansana sekitar Munggi dan terminal Munggi Semanu

Terletak di sebelah selatan Pasar Kliwon Semanu di Jl Semanu-Candirejo, terpatnya di Padukuhan Semanu Utara, Semanu, Kapanewon Semanu. terminal Munggi Sudah lama sepi, Saat kemarin Minggu 27 Maret 2022 terlihat sepi, tidak terlihat juga ada tulisan Terminal Munggi dilokasi ini. Beberapa warung saja yang lenggunakna nama Terminal Munggj sebagai patokan alamat. Di Google Map juga masih bisa dicari dengan nama Terminal Munggi.

Tidak banyak ulasan tentang Terminal ini. Jika ada yang tahu Sejarah Terminal Munggi. Jalan dulu Terminal ini cukup ramai karena masyarakat lebih memilih menggunakan angkutan umum daripada angkutan pribadi. Terutama agkutan ke pelosok-pelosok desa.

Terminal Munggi dengat dengan pasar Kliwon Semanu. Dikutip dari kabarHandayani dan tribun di pasar ini, berbagai barang diperjualbelikan, baik barang lokal dari Gunungkidul maupun barang dari luar wilayah Gunungkidul. Pedagang yang beroperasi setiap hari pasaran ada 585 pedagang (data tahun 2016). Mereka menempati 47 kios, los pasar, dan sisanya menempati plataran pasar. “Pedagang yang aktif beroperasi setiap pasaran berasal dari sekitar Semanu dan juga pedagang dari luar Gunungkidul seperti dari Cawas, Klaten, Groso, dan Praci. Pasar Munggi direvitalisasi selama 65 hari terhitung sejak 19 Oktober 2020 dengan dana yang diturunkan dari pusat tersebut mencapai Rp 2,1 miliar. Dana proyek revitalisasi Pasar Munggi berasal dari Dana Tugas Pembantuan (TP) APBN.

Disamping itu ramai juga karena dekat Pasar umum dan juga pasar Hewan. Pasar Hewan saat ini sudah pindah ke sebelah timur, Pasar Hewan Munggi jadi tempat jual beli hewan kambing dan sapi. Terletak di Desa Munggi kecamatan Semanu, pasar Munggi merupakan salah satu pasar hewan terbesar di Gunungkidul. Para pedagang Hewan biasanya berkeliling di dalam pasar sambil membawa sapi/kambing, ada juga yang diikat di besi. Di dalam kompeks pasar banyak pedagang makanan dan minuman.

Video lain sekitar semanu bisa cek Suasana Desa Sekitar Jetis Pacarejo Semanu

https://www.youtube.com/watch?v=IN5I4xpUw-8

Imam Suharjo: