Sebanyak 250 Pohon di Ring Road Sleman Ditebang Menyambut Pembangunan Tol Jogja-Solo

Sebanyak 250 Pohon di Ring Road Sleman Ditebang Menyambut Pembangunan Tol Jogja-Solo

Menghadapi proyek pembangunan jalan tol Jogja-Solo Paket 2.2 di Ring Road, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pihak kontraktor telah melakukan penebangan pohon perindang yang berjumlah 250 di wilayah tersebut. Agung Murhandjanto, Humas PT Adhi Karya Tbk, menjelaskan bahwa pohon-pohon yang ditebang ini akan diganti dengan tanaman baru, yakni tanaman tabebuya dengan tinggi sekitar 4 meter, sesuai kesepakatan dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Agung menyatakan bahwa penebangan pohon terjadi di area setelah flyover Jombor hingga tikungan Ngawen Trihanggo. Batang-batang pohon yang telah dipotong dengan panjang sekitar 3 meter telah diserahkan kepada DLH Kabupaten Sleman untuk dilelang. Saat ini, belum ada kepastian mengenai jumlah bibit tanaman yang akan digunakan sebagai pengganti pohon-pohon yang ditebang. Namun, diperkirakan jumlahnya akan lebih banyak dari yang ditebang. Kontraktor sedang mencari vendor tanaman untuk mendapatkan bibit pengganti yang akan dikirim ke DLH Kabupaten Sleman dalam waktu dekat.

Baca Juga : Penasaran Lihat Rute Rencana Tol Jogja-Magelang-Bawen, Jalan ke Sawah

DLH Kabupaten Sleman, yang memahami bahwa pohon-pohon yang ditebang merupakan pohon yang mengganggu akses di sekitar jalan tol, tidak mempermasalahkan tindakan penebangan ini, asalkan kontraktor segera menggantinya. Mereka meminta penggantinya berupa bibit tanaman tabebuya, yang akan ditanam di sepanjang jalan kabupaten, dekat dengan lokasi jalan tol.

DLH Kabupaten Sleman berharap agar kontraktor dapat menyediakan lebih banyak bibit tanaman tabebuya, karena selain akan ditanam di sepanjang jalan kabupaten, bibit bunga ini juga akan dibagikan kepada masyarakat.

Baca Juga : Beberapa istilah yang sering digunakan di jalan tol

Selain itu, proyek tol Jogja-Solo di Junction Sleman dan Ring Road Trihanggo terus dikerjakan, dengan aktivitas penghancuran rumah di perkampungan Dusun Nglarang dan Tegalsari. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menonton video di sini: Link Video.

Info via : https://yogyakarta.kompas.com/read/2023/09/23/205338678/250-pohon-di-ringroad-sleman-ditebang-jelang-pembangunan-tol-jogja-solo dan Youtube SimbokTV, RaraTV

Imam Suharjo: