Gambaran proses produk kita terjual dari sumber Iklan kurang lebih seperti ini prosesnya :
- Banyak Orang mencari di mesin Pencari dengan Keyword yang beragam /tertentu, sebagain akan tertarik dengan hasil Pencarian atau Iklan di sekitar pencarian atau
- Banyak Orang membaca web/blog orang, yang bisa dapat dari mesin pencari atau langsung. Sebagian mereka tertaik dengan Iklan di sekitar Tulisan.
- Sebagian pengujung masuk ke web Kita (yang jual barang/jasa) membaca dan tertarik dengan Isi karena sesuai dengan yang diharapkan.
- Pengujung yang tertarik menghubungi kita/daftar/beli
- Kita Hubungi Pengujung untuk Proses transaksi.
- Barang/jasa terjual.
Bisa dibayangkan jika Landing Page yang asal-asalan. Bisa jadi yang mengarah ke Web kita banyak namun banyak juga yang “kecewa”. Jika Landing page kita salah, baru di lihat saja mungkin web kita sudah di tutup. Atau isi tulisan yang salah sehingga pengujung hanya membaca saja tidak melakukan aksi yang kita harapkan. Jika di Google Analitic ini bisa dilihat di Bounce, jika statistik bounce terhadap pada konten cukup besar kemungkinan konten kita tidak sesuai yang diharapkan. Biasanya pada kasus ini pengujung hanya bertahan selama beberapa detik saja, seletah itu konten kita di tinggalkan. Harapan Kita pengujung bisa berlama-lama menikmati konten kita selajutya melakukan Aksi (klik) yang sudah kita atur.
Aksi apa yang diharapkan tergantung dari produk kita, Bisa jadi Daftar, Beli, Menawar, Telp/SMS. Yang jelas Tujuan utamanya mengarah ke barang/jasa kita bisa segera laku. Pada sesi ini mungkin adan terjadi komunikasi lebih serius dan interaktif. Namun ada juga produk yang pengujung bisa langsung daftar dan kita tinggal minta transfer/kirim biaya saja. Pada tulisan berikutnya kita akan coba sampaikan tentang cara Optimasi Konten untuk Landing Page.