Pengertian dan Jenis VPN apa saja?

Pengertian dan Jenis VPN apa saja?

Pengertian VPN

VPN (Jaringan Virtual Network) adalah teknologi komunikasi yang dihubungkan melalui jaringan publik seperti Internet atau WAN. Menggunakan VPN sama saja seperti membuat koneksi logical atau jaringan antar beberapa node dalam jaringan publik. Data yang dikirim menggunakan VPN harus di enkripsi terlebih dahulu untuk menjaga kerahasiaan data, sehingga tidak terbaca karena harus di dekripsi terlebih dahulu.

Jenis VPN

Berikut adalah beberapa jenis VPN :

  1. Access VPN

Atau bisa disebut Virtual Private Dial Up Network merupakan VPN yang koneksinya menggunakan user-to-LAN. Yang biasa menggunakan adalah perusahaan terhadap para pekerjanya yang membutuhkan jaringan ketika remote.

Baca juga ; Mikrotik Site to Site VPN Solusi Jaringan Antar Cabang

  1. Intranet VPN

Atau bisa disebut Site to Site VPN yang biasa digunakan antar kantor dengan kantor lainnya. Seperti kantor pusat kepada cabang-cabangnya melalui shared network.

  1. Extranet VPN

VPN yang biasa digunakan untuk menghubungkan antar kantor dan pihak ke-3 seperti pelanggan, supplier, rekan bisnis dkk. Dengan menggunakan extranet VPN semua badan atau kantor yang terlibat bisa berkomunikasi dan bertukar informasi.

  1. PPTP VPN

Atau Protokol Kanalisasi Titik ke Titik (Point-to-Point Tunneling Protocol) cara kerja protokol ini adalah dengan menciptakan kanal dan menangkap data. Bisa digunakan oleh pengguna jarak jauh yang ingin menyambungkan mereka dengan VPN yang sudah ada. PPTP bisa digunakan langsung dari Laptop misalkan kita butuh akses VPN untuk bisnis yang lebih aman dengan laptop, Layanan PPTP sudah tersedia dalam Windows, kita tinggal setup saja service ini sesuai dengan seting yang ada.

Pengertian dan Jenis VPN apa saja?
  1. L2TP VPN

Atau Protokol Lapisan ke Kanalisasi yang dikembangkan Microsoft dan Cisco merupakan VPN yang dengan khusus digabung dengan protokol keamanan VPN yang lain, untuk memperketat pengamanan data.

  1. IPsec VPN

Atau Internet Protocol Security merupakan VPN yang digunakan untuk mengamankan jaringan IP. Dengan cara mengamankan data dengan memverifikasi masing masing sesi dan mengenkripsinya secara individu. 

  1. SSL dan TLS

Atau Secure Sockets Layer dan Transport Layer Security yaitu protokol untuk membentuk koneksi VPN. Koneksi VPN SSL dan TLS merupakan koneksi yang melayani client server.

Kontributor : Nesya Rogawati

Imam Suharjo: