Pakai Sepatu itu Penting, Ini Alasan memilih Sepatu

Pakai Sepatu itu Penting, Ini Alasan memilih Sepatu

Sepatu jadi faktor penting yang dapat menentukan performa seorang saat tampil atau dilihat banyak orang termasuk saat bermain berada di lapangan. Banyak sekali jenis sepatu dan merk yang dijual bebas dan masuk ke toko baik toko offline atau online di Indonesia. Seseorang punya pilihan sendiri kapan dia perlu beli sepatu dan merk apa yang akan dipilih. Kualitas, harga, merk, bentuk dan bahan sepatu jadi pertimbangan dalam memilih untuk membeli sepatu baru.

Sepasang Sepatu yang dipilih saat dibeli pada 3 Juni 2019

Gambar diatas adalah salah satu sepatu yang pernah saya beli pada Juni 2019, saat ini Juni 2022 masih bisa digunakan meski bagian kulit depan sudah agak rusak. Kira-kira umur sepatu ini sudah 3 tahun. Pertimbangan pribadi terkait sepatu ini dikaitkan dengan 3 hal / kebutuhan yaitu : sepatu buat kerja/formal, sepatu untuk santai dan sepatu untuk kegiatan olahraga. Dalam hal ini tidak ada olahraga spesifik yang saya lakukan umumnya bersepeda, joging dan berlari ringan. jadi setidaknya memiliki 3 jenis sepatu ini, untuk jumlah salahkan disesuaikan saja. Untuk pelajar, mahasiswa, olahragawan, artis atau profesi lain bisa jadi punya pertimbangan sendiri. Sering kita lihat di media misal seorang artis punya koleksi sepatu hingga beberapa almari.

Kualitas Sepatu dan Minat Beli?

Bagaimana Pengaruh Kualitas produk apakah terkait langsung dengan Pembelian Sepatu? Kali ini kita lihat dari hasil penelitian ya. Sebenarnya banyak sekali penelitian terkait sepatu, salah satunya penelitian dilakukan pada jenis sepatu Merek Converse oleh Bere Catarina Francisca (2020) dengan judul Hubungan Antara Citra Merek Dengan Kepuasan Konsumen Sepatu Converse Pada Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara citra merek dengan kepuasan konsumen sepatu Converse pada mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa yang menggunakan sepatu Converse sebanyak 60 orang. Citra merek memberikan pengaruh 7,8% terhadap kepuasan konsumen dan sisahnya 92,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang belum teliti.

Baca Juga : Hati-Hati Belanja Online – Banyak Toko Online Palsu

Bagaimana pengaruh merek Sepatu, Hasil penelitian Eniyawati (2016) terhadap Sepatu Nike pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UII. Beberapa kesimpulan bahwa ada pengaruh secara signifikan persepsi kualitas terhadap kepuasan konsumen dan minat pembelian ulang. Terdapat pengaruh secara signifikan harga terhadap kepuasan konsumen dan minat pembelian ulang, namun seberapa signifikan tidak disebutkan.

Bagaimana pengaruh merk lain, ini ada sebuah penelitian ditahun 2021 oleh Fajar Mujahid (2021) dengan judul “Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, Persepsi Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sepatu Compass”. Penelitian ini dilakukan pada 100 responden yang pernah melakukan pembelian pada sepatu Compass ada 4 hasil yang menarik alam penelitian ini menunjukan bahwa:

  • Kualitas Produk tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian,
  • Desain Produk tidak berepengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian,
  • Persepsi Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian,
  • Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian.

Sekilas dari 3 penelitian terkait memang punya kesimpulan sendiri, tiap merek punya “pengemar” masing-masing. Soal harga seperti jadi pertimbangan pada masyarakat umum, mungkin jika orang kaya harga tidak jadi masalah.

Penggunaan dan Fungsi Sepatu yang dirasakan

Apapun merek dan jenis sepatunya yang penting setelah dibeli segera digunakan dan sering digunakan. pengalaman jika sepatu tidak sering digunakan dan simpan di tempat yang tidak layak, malah sepatu cepat rusak. Sepatu bisa dikatakan sebagai salah satu alas kaki formal yang bersifat universal bisa dipakai setiap saat saat keluar rumah.

Salah satu Merek Sepatu Nike bisa untuk pria atau Wanita

Sepatu digunakan saat olahraga, kerja, acara tertentu atau kelengkapan saat santai. Fungsi Sepatu selain sebagai aksesoris tentu juga sebagai pelindung kaki kita, mulai telapak kaki sampai dengan mata kaki. bahkan ada ada himbauan juga saat berkendara motor juga menggunakan sepatu atau alas kaki yang tertutup, tapi tidak menggunakan sepatu high heels ya, karena malah berbahaya. Bagi Wanita umunya sepatu merupakan bagian Fashion tambahan yang penting. Mulai dari sepatu hingga detail-detail tali pengikat juag bisa jadi perhatian. Sepatu wanita umumnya dilengkapi dengan Tali pengikat, cara mengikat tali sepatu wanita ternyata ada banyak cara, yang turun temurun dan jadi kebiasaan menggunakan Model Tali Menyilang padahal banyak teknik lainnya. Beberapa jenis sepatu khusus memang langsung pakai tanpa ada tali pengikatnya.

Sepatu olahraga (Eiger 2021), juga melindungi tidak luka parah kecelakaan dari kendaraan bermotor

Foto Sepatu EIGER diatas juga salah satu sepatu saya miliki cara mengikat tali sepatu ini juga biasa saja. Foto sepasang sepatu ini saat waktu itu masih relatif baru dibeli mungkin baru beberapa bulan dipakai. Kebetulan saja saya lupa tidak ada foto sepatu ini saat habis beli. Apa yang dirasakan saat pakai sepatu ini nyaman dan sepatu ini multi fungsi, bisa buat kerja dan olahraga. Salah satu fungsi sepatu sebagai pelindung kaki benar-benar ada manfaatnya saat memakai sepatu ini. Penah ada kejadian kecelakaan jatuh dari kendaraan bermotor, kebetulan pakai sepatu ini. Telapak kaki terlindungi dengan baik, sebagai korbannya sepatu kiri sedikit cacat bagian depan dan tali pengikat sepatu nampak sobek mau putus. Yang perlu disyukuri kaki aman bisa terlindungi oleh sepatu ini. (Imm)

Imam Suharjo: