Kereta api saat ini telah menjadi pilihan transportasi favorit masyarakat dalam perjalanan. Keberhasilan Kereta Api sebagai sarana transportasi diminati oleh banyak orang karena biayanya yang ekonomis dan efisiennya dalam menghemat waktu perjalanan. Keunggulan lainnya adalah bebas dari kemacetan, karena Kereta Api memiliki jalur khusus. Berkembangnya pengguna aplikasi seluler, bersamaan dengan kemudahan pemesanan tiket secara online, menjadi alasan utama meningkatnya minat masyarakat terhadap kereta.
Access by KAI adalah aplikasi resmi dari PT Kereta Api Indonesia (Persero), menyediakan berbagai layanan terkait perjalanan kereta api di Indonesia. Aplikasi ini diluncurkan pada 10 Agustus 2023, mampu memenuhi kebutuhan penumpang untuk perjalanan antarkota, lokal, LRT, Commuter Line, bandara, dan kereta cepat.
Baca Juga : Jejak Sejarah Lokomotif D301 24: Dari Jerman ke Wisata Museum Kereta Api Ambarawa
Jika terjadi kebutuhan untuk membatalkan atau mengubah perjalanan, pengguna dapat melakukan pembatalan secara online melalui aplikasi Access by KAI. Hal ini memudahkan calon penumpang, mengingat mereka tidak perlu pergi ke stasiun untuk membatalkan tiket. Menurut informasi dari Instagram resmi KAI pada Minggu (14/1/2024), berikut adalah langkah-langkah pembatalan tiket kereta melalui aplikasi Access by KAI:
Cara Pembatalan Tiket Kereta melalui Access by KAI:
- Buka aplikasi Access by KAI.
- Pilih menu “Tiket Saya” pada halaman utama.
- Pilih tiket/kode booking yang akan dibatalkan.
- Pilih menu “Kelola Pesanan Anda.”
- Pilih menu “Pembatalan.”
- Pilih daftar penumpang yang ingin dibatalkan (semua/sebagian penumpang).
- Klik “Batalkan Perjalanan.”
- Informasi mengenai biaya pembatalan dan pengembalian dana akan ditampilkan.
- Klik “Batalkan Perjalanan.”
- Pilih Rekening Bank atau E-Wallet untuk pengembalian dana.
- Melalui rekening bank: Pilih nama bank, masukkan nomor rekening bank, dan klik verifikasi.
- Melalui e-wallet: Pilih e-wallet yang tersedia, masukkan nomor ponsel terdaftar di e-wallet, dan klik verifikasi.
- Pastikan data pengembalian lewat rekening bank atau e-wallet sesuai, lalu klik “NEXT.”
- Jika yakin akan pembatalan, klik “YA, LANJUTKAN.”
- Tiket kereta berhasil dibatalkan.
Sebelum melakukan pembatalan, pastikan tiket Anda memenuhi ketentuan sebagai berikut:
- Nomor identitas pemilik akun (pemesan tiket) dan/atau calon penumpang lain harus sesuai dengan nomor identitas di tiket.
- Jadwal perjalanan KA yang akan dibatalkan paling lambat 2 jam sebelum keberangkatan.
- Status tiket lunas dan belum dicetak sebagai boarding pass/e-boarding pass.
- Pembatalan tiket KA lokal hanya dapat dilakukan di stasiun.