Kuliah Jurusan Bimbingan dan Konseling di UMB Jogja

Prodi Bimbingan dan Konseling (BK) adalah salah satu prodi/jurusan di Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY). Prodi BK ini memiliki Visi dan Misi sebagai berikut :

1. Visi Prodi Bimbingan dan Konseling

Menjadi program studi yang unggul dan bermutu dalam bidang Bimbingan dan Konseling dan menghasilkan lulusan yang berwawasan global pada tahun 2029

2. Misi Prodi Bimbingan dan Konseling

  • Melaksanakan kegiatan akademik yang unggul dan bermutu serta terfokus pada kualitas dan relefansi kurikulum sehingga dapat menghasilkan lulusan yang mampu berkompetisi di tingkat regional dan nasional.
  • Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang bermanfaat bagi dunia pendidikan dan masyarakat umumnya serta melakukan publikasi karya pada skala regional, nasional, maupun internasional.
  • Membangun kerjasama dengan instansi profesi bimbingan dan konseling serta organisasi lain yang relevan dengan pengembangan keilmuan Bimbingan dan Konseling.
  • Memberikan dukungan kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri dan berprestasi dalam bidang akademik dan non-akademik.

3. Profil Lulusan BK

  • Sebagai guru bimbingan dan konseling yang memiliki kewenangan untuk memberikan pelayanan bimbingan dan konseling di berbagai jenjang pendidikan formal.
  • Sebagai tenaga ahli bimbingan dan konseling yang bergerak di bidang keluarga, pengembangan sumber daya manusia, dan masyarakat.
  • Peneliti dalam bidang Bimbingan dan Konseling yang memiliki kemampuan untuk mengkaji berbagai macam kebijakan pendidikan yang berkaitan dengan tugas Guru Bimbingan dan Konseling serta memunculkan ide kreatif dalam pengembangan layanan Bimbingan dan Konseling dalam berbagai latar kehidupan
editor1: