Jangan Pernah Menjadikan Web Server sebagai Backup Data

Saya sering membaca artikel-artikel bangus disini, salah satu yang menarik bagi saya adalah tentang ini “Never Use a Web Hosting Server to Backup Data from the Hard Drive” . Misalnya anda punya data penting sekitar 5GB (foto, dokumen, program, dll) ingin anda simpan di luar , supaya bisa diakses  Pertama anda sebaiknya bisa mengcopy ke external hardisk /DVD dan taruh dalam loker yang aman, setelah itu anda bisa daftar ke penyedia layanan penyimpanana data (backup). Berikut ini sebuah kisah nyata

EMC Mozy, sebuah situs penyedia layanan backup online, meminta bayaran  $4,95 US per bulan untuk data yang tidak terbatas. Pesaingnya Carbonate juga membiarkan anda untuk menyimpan data tidak terbatas dengan biaya tahunan sekitar $50 US. Sedangkan Amazon S3 menawarkan $ 15sen/GB data dan tambahan $10sen/BG data tranfer sekali banyar.

Sekarang bisa dibandingkan dengan layanan tersebut dengan misalnya Dremhost. Mematok harga 500GB Space webserver dengan harga $120 US dan dapat diskon $100 kupon (dengan kode) dan hasilnya hanganya menjadi $20 US/tahun. Ini merupakan pilihan yang lebih baik. Namun sebelum anda memutuskan silahkan coba jalankan “rsync utility” dan baca kebijakan berikut.

“The customer agrees to make use of DreamHost Web Hosting servers primarily for the purpose of hosting a website. Data uploaded must be primarily for this purpose; DreamHost Web Hosting servers are not intended as a data backup or archiving service.”

Seorang Robyn Peterson, kepala bagian Teknologi di Ziff davis Media sedang mencari sebuah peneydia layanan yang bisa memnyimpan 250MB personal data secara online. Dan mencari penyedia layanan kapasitas dan kecepatan yang setara dengan Dreamhost.

Proses backup dilakukan secara perlahan namun pasti (lama), akhirnya selesai. Namun dipagi harinya dia menemukan bahwa semua data yang diupload hasri sebelmunya telah terhapus dari server tanpa adanya pemberitahuan. teknikal suport mengatakan bahwa “Situs mereka telah di Craking oleh seseorang yang juga menggunakan layanan ini. Data tidak bisa dikembalikan (recovery) lagi katanya. Tidak ada yang aman termasuk tulisan saya ini, bisa jadi besok hilang. 🙂

Ilustrasi Image diambil dari sini.

editor1: