Hosting Website Murah itu adalah

Hosting Website Murah itu adalah Shared hosting web dengan biaya (sangat) murah, mungkin bisa jadi hanya beberapa ribu atau puluh ribu jika dihitung perbulan. Kenapa bisa murah padahal biaya operasional sebuah webserver cukup besar, dengan komponen biaya meliputi antara lain : Sewa server atau VPS, Biaya Koneksi Internet, Biaya Lisensi Software, Biaya pemeliharaan, dll. Bisa jadi mencapai sekitar 1 juta per bulan atau lebih tergantung variabel masing-masing kompenen. Shared hosting merupakan salah satu solusi membuat biaya hosting lebih murah, dengan kata lain biaya hosting (sebenarnya) ditanggung atau dibagi bersama. Semakin banyak yang hosting, pemilik hosting akan semakin untung, namun kinerja sebuah server akan semakin turun.

Berikut ini adalah beberapa point terkait Hosting Murah menurut yang saya pelajari. Hosting Website Murah itu adalah adalah identitik dengan hal-hal (teknis dan non teknis) berikut ini :

  1. Shared Hosting, Shared Hosting adalah sebuah Server Hosting yang biasanya dalam sebuah Vitual mesin (VPS) digunakan rame-rame untuk banyak web atau domain. Jangan dibayangkan website anda menjadi satu-satunya website yang ada diserver tersebut atau satu Server hanya menampung satu web saja.
  2. Memiliki koneksi Internetnya shared dan terbatas. Jika Hosting di Indonesia umumnya ada saat tertentu agak berat / susah jika diakses dari Luar negeri.
  3. Solusi untuk website dengan Trafik dengan pengguna yang tidak terlalu banyak. Jika pengujung anda sudah melimpah misal ribuan perhari solusi share hosting sudah tidak layak lagi.
  4. Solusi untuk website standar dan tidak untuk script yang aneh-aneh, umumnya dengan CMS umum atau aplikasi website sendiri. Jika anda pakai script otomatis yang bisa membebani server, biasanya akan dilarang oleh pemilik hosting.
  5. Umumnya hanya dimanfaatkan untuk layanan Website dan Email saja, tidak untuk layanan khusus seperti SMS gateway, VPN Server, proxy, dll.
  6. Umumnya hanya memiliki 1 IP yang digunakan bersama menggunakan Virtual Host, jika anda pingin memiliki IP sendiri akan ada tambahan biaya langganan perbulan.
  7. Kualitas / kinerjanya tidak selalu baik atau buruk. Kinerja secara keseluruhan dipengaruhi oleh website-website yang hosting di mesin yang sama. Misalnya website kadang “berat” karena masalah koneksi jariangan atau beban CPU yang sudah maksimal.
  8. Hosting yang sangat murah bisa jadi masih dikelola secara personal/sendiri dan belum dikelola oleh perusahaan (secara profesional).
  9. Solusi murah untuk pengguna yang memiliki dana terbatas.
  10. Aspek keamanan secara keseluruhan bisa dibilang kurang. Sebaiknya tidak digunakan untuk layanan website yang memiliki sensitifitas tinggi/aspek keamanan tinggi, misalnya : Toko Online dengan pembayaran online, Website/Sistem Informasi dengan transaksi yang kontinyu, Wesite dengan data yang sangat privasi.
  11. Memiliki Aturan Layanan (TOS) yang jelas dan lebih ketat, jika anda dianggap melanggar bisa kena Suspended. Meski demikain semua layanan sebenarnya memiliki TOS.

Baca Juga : Hanya 5rb/bulan – WordPress Hosting Termurah!

Namun demikian tidak semua shared hosting baik, kurang baik atau jelek. Masing-masing pemilih hosting memiliki manajemen yang berbeda-beda. Ada yang menjual shared hosting dengan biaya yang murah, sedang atau mahal dengan pertimbangan kualitas masing-masing. Perlu riset dan mencoba sendiri untuk mengetahui Shared hosting atau Hosting Murah mana yang terbaik. Suatu ketika Hosting A mungkin yang terbaik, saat kemudian bisa jadi Hosting C atau D yang terbaik.

Baca Juga : Harga Domain .com Tidak Murah lagi?

Layanan shared hosting pada beberapa perusahaan Hosting ternama bisanya tetap menjaga harga tidak murah sekali untuk tetap menjaga kualitas layanan untuk pelanggan merak. Diakhir tulisan ini saya tidak bilang semua layanan share hosting itu jelek, cukup banyak juga Layanan Hosting murah baik yang berkualitas dikelola secara personal atau perusahaan. Namun untuk mendapatkan yang terbaik yang memuaskan ada bisa : mencoba sendiri, membaca forum atau sharing dengan pengguna lain.

Bagi anda yang baru akan memulai memiliki website tidak ada salahnya anda mencoba hosting murah, anda akan mesarakan banyak hal (kelebihan/kekurangan) setelah menggunakan sendiri.

Catatan dan referensi :

  1. Ilustrasi gambar : http://www.intuit.com
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/Shared_web_hosting_service
editor1: