Cerita Obrolan dengan Youtuber Pemula, Youtuber itu Gampang?

Pengguna aktif bulanan berarti jumlah pengguna YouTube pada bulan tertentu. Karena hanya pengguna yang masuk yang dihitung, angka sebenarnya bisa lebih tinggi.

Youtuber menjadi profesi yang paling gampang, namun jadi Youtuber yang sukses dan menghasilkan perlu perjuangan. Dengan mulai dari hal yang kecil/modal kecil menggunakan modal HP (smartphone), Akun Gmail dan koneksi internet semua orang bisa jadi seorang Youtuber. Ya jadi Youtube, video bisa tayang dan dilihat oleh siapa saja. Namun tidak langsung bisa dapat penghasilan. Perlu setidaknya 1000 Subscriber dan minimal 4000 jam tanyang untuk bisa melamar jadi Mitra Youtube. Atau bsia juga jadi mitra Short Video Youtube dengan view minimal 10juta selama 90 hari terakhir.

Syarat jadi Mitra Youtube

Baca juga : Kenapa Tidak disetujui monetisasi di Youtube?

Cerita dan gaya Youtuber sukses banyak mengisipirasi orang untuk jadi Youtube, sehingga Youtube masih dalam 20 pekerjaan yang diimpikan oleh generasi kini. Temuan menarik dalam penelitian Remilty adalah kemunculan pekerjaan yang tidak diperhitungkan sepuluh tahun lalu, seperti YouTuber, influencer, dan blogger. Ini daftar lengkap 20 pekerjaan paling banyak diimpikan pada 2023 (Jadi YouTuber Ternyata Banyak Diimpikan Warga +62) :

  1. Pilot
  2. Penulis
  3. Penari
  4. YouTuber
  5. Pengusaha
  6. Aktor
  7. Influencer
  8. Programmer
  9. Penyanyi
  10. Guru
  11. DJ
  12. Blogger
  13. Dokter
  14. Profesor
  15. Pramugari
  16. Pemadam Kebakaran
  17. Hakim
  18. Advokat
  19. Pengacara
  20. Psikolog

Menurut dataindonesia.id “Indonesia memiliki 127 juta pengguna Youtube hingga Januari 2022. Jumlah itu menjadi yang terbesar ketiga di dunia”. Sementara dikutip dari beritasatu (oktober 2022) Data terbaru Youtube mencatat, di Indonesia kini ada lebih dari 1.300 channel Youtube yang memiliki lebih dari satu juta subscriber. Angka ini naik 30% dari tahun 2021. Untuk channel dengan subscriber ratusan ribu, jumlahnya juga terus bertambah.

Masih dataindonesia.id, Ricis Official tercatat menjadi Youtuber dengan subscribers terbanyak di Indonesia, yakni 30,9 juta akun susbcriber. Atta Halilintar (AH) memiliki pendapatan sebesar Rp21,29 miliar per tahun. Youtube akan membayar jika Youtuber telah menajdi partnet (mitra), ada video kita ada dan dilihat oleh orang. Video kita tampil iklan dari pemasang iklan yang menbayar ke Youtube (Google), Youtuber akand apat bayaran dari sebagai biaya iklan yang dibayarkan ke Google.

Data 10 Youtuber Indoensia dengan Subscriber terbanyak (socialblade.com 22/2/2023)

Berikut ini data Youtuber dengan subcriber terbanyak dari data 22 Februari 2023 mulai dari Ricis Official, AH, Jess No Milit, Rans Entertainment, Trans7 Official, Frost Diamont, Indonesia, Bain Paula, Deddy Corbuizier dan BabyBuz – cerita & Lagu anak-anak. Semua kanal Youtube tersebut dengan sucriber 19 – 30 juta akun. Secara detail data ini bisa dilihat di socialblade.com.

Data 10 akun Youtuber Indonesia dengan jumlah view video terbanyak (Sumber : socialblade.com 22/2/2023)

YouTube memiliki lebih dari 122 juta pengguna aktif setiap hari. 1 miliar jam konten ditonton di seluruh dunia setiap hari. 62% pengguna YouTube di AS mengakses platform ini setiap hari. Setiap menit, lebih dari 500 jam konten baru diunggah ke YouTube. Pengguna Aktif Harian di YouTube 2023, pengguna aktif harian berarti jumlah pengguna YouTube pada hari tertentu. Angka-angka ini membantu kami mengetahui jumlah orang yang mengakses YouTube setiap hari sebagai bagian dari rutinitas mereka (globalmediainsight.com).

  • YouTube memiliki lebih dari 122 juta pengguna aktif setiap hari.
  • 1 miliar jam konten ditonton di seluruh dunia setiap hari.
  • 62% pengguna YouTube di AS mengakses platform ini setiap hari.
  • Setiap menit, lebih dari 500 jam konten baru diunggah ke YouTube.
  • Rata-rata, pengunjung menghabiskan 14 menit dan 21 detik di YouTube setiap hari.

Pengguna Aktif Bulanan di YouTube 2023, Pengguna aktif bulanan berarti jumlah pengguna YouTube pada bulan tertentu. Karena hanya pengguna yang masuk yang dihitung, angka sebenarnya bisa lebih tinggi.

  • YouTube memiliki lebih dari 2,6 miliar pengguna aktif bulanan.
  • YouTube Premium dan Musik bersama-sama memiliki lebih dari 50 juta pelanggan di dunia.
  • Lebih dari ¼ populasi dunia menggunakan YouTube setiap bulan.
  • Sekitar setengah dari pengguna internet di seluruh dunia memiliki akses ke YouTube.

Baca Juga : Rara TV : Kanal Youtube Video Perjalanan yang lagi Ngehit

Tanpa mengurangi semangat untuk jadi Youtuber sukses, perlu juga diketahui jika untuk menjadi seorang Youtuber yang berpenghasilan itu tidak mudah. Beberapa waktu lalu ada obrolan dengan seorang Youtube dari Desa, kanal Youtube Semanu Video Channel (SVC). Bahwa di kanalnya yang menyajikan hiburan (kesenian) dengan subcriber sekitar 11ribu, masih belum bisa jadi penghasilan utama. Ini baru sebatas hobby saja, namun demikian Mujiman pemilik kanal SVC ini tetap konsisten dan jalankan profesi Youtuber ini sebagai sampingan. Profesi utama saat ini masih sebagai bengkel atau tukang service Elektronik.

Pesan dari obrolan ini : Tetap semangat dan jalani terus, fokus. Bikin konten tidak mudah perlu riset dan kajian mendalam. Jika tidak mau gagal jangan mulai, jika mau mulai awali dengan niat dan doa.

Baca Juga : Suasana sekitar Pasar Munggi Semanu Maret 2022

Imam Suharjo: