Cara Update Observium Community Edition¶

Observium merupakan sebuah sofwaare berbasis web yang open source untuk memonitoring jaringan berbasis autodiscovering. Support pada banayk perangkat jaringan seperti Linux, UNIX, Cisco, Juniper, Brocade, Foundry, HP, Mikrotik dan banyak lagi. Fitur utama dari Observium penggunan bisam lihat grafik secara rinci yang mudah digunakan.

Hal ini dapat memonitor sejumlah besar proses dan sistem. Observium menggabungkan sistem dan jaringan monitoring dengan kinerja trending dengan memanfaatkan discovery statis maupun otomatis untuk mengidentifikasi server dan perangkat jaringan, memanfaatkan berbagai metode pemantauan, dan dapat dikonfigurasi untuk melacak metriks apa saja yang tersedia. Dengan tampilan yang sederhanan namun fitur yang cukup beragam, Observium mudah untuk digunakan.

Jika anda ingin Upgrade ke versi baru, biasanya da notifikasi di halaman admin ada Major release. langkah yang dibutukna untuk update

1. Disable observium cronjobs (jika diperlukan) karena selama proses update (Pemindahan data) observium tidak bisa diakses.

2. Jalankan perintah ini sesbuah user Observium atau (as root):

cd /opt
mv observium observium_old
wget -Oobservium-community-latest.tar.gz http://www.observium.org/observium-community-latest.tar.gz
tar zxvf observium-community-latest.tar.gz
mv /opt/observium_old/rrd observium/
mv /opt/observium_old/*log* observium/
mv /opt/observium_old/config.php observium/

3. Update Skema database:

/opt/observium/discovery.php -u

4. Jika sudah lama idak update (12 bulan atau lebih) anda bsia jalankan “rediscovery of all devices” untuk pastikan semua terupdate :

/opt/observium/discovery.php -h all

5. Re-enable observium cronjobs (jika diawal tadi di nona ktifkan)

6. Anda bisa hapus direktory “observium_old” jika sdah berjalan dengan normal:

rm -rf observium_old

Sebabai informasi tambahan saya menggunakan Mesin Virtuliasiasi di Proxmox sebagai server Observium untuk mempermudah manajemen server.

Sumber : http://docs.observium.org/updating/ dan pengalaman pribadi.

editor1: