Apa Sebenarnya Fungsi Stop Lamp pada Kendaraan

StopLamp jadi salah satu diskusi juga di forum FB group salah satunya di ICJ (Info Cegatan Jogja) Group terbesar di kota Jogja. Stoplamp posisinya ada di bagian belakang kendaraan bermotor. Fungsinya antara lain untuk memperlihatkan bahwa di depan ada kendaraan bermotor yang sewaktu-waktu bisa ngerem/belok agar kelihatan. Nah ketika kita berkendara di malam hari, sadangkan stoplamp mati apa tidak membahayakan dirimu sendiri dan kendaraan di belakangmu?

Saran buat pengendara selalu cek lampu belakang atau stoplamp, baik motor maupun mobil, bahaya kalo di jalan minim penerangan, apalagi kalo ngerem mendadak. Kejadian di lapamgan sering kaget ketika di depanku lampu belakangnya tidak nyala. Hampir tiap malam kita ketemu kondisi seperti itu di jalanan. Apalagi saat kabut tebal, berpapasan dengan kendaraan lampu silau, didepan ada motor tanpa lampu belakang, sangat berbahaya.

Baca juga : Kapan Harga Mobil Listrik Murah?

Stoplamp yang terlalu silau dan mengganggu

Kebanyakan sebagian besar pengendara menganggap sepele bahkan dihiraukan tau dicek berkala dan tidak segera di ganti apabila lampu stoplamp belakang mati. Padahal Stop lamp itu sangat penting, jika mati bisa membahayakan diri sendiri terutama pada malam hari dan bisa berakibat fatal. Kita berharap untuk smuanya agar memulai dari sekarang selalu memperhatikan stoplamp belakang apabila mati segera diganti demi keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Hal lain yang juga terjdi stoplamp yang menyilau kan mata, diperbaiki bagaimana cara supaya yang dibelakang tidak silau. Jika kendaraan masih asli seharusnya stoplamp berwarna merah yang artinya memebri pertahian sudah berhati-hati hingga mungkin pelru mengurangi kecepatan dan berhenti. Kejadian seperti ini sering kita jumpai, termasuk saya saat melinat di Jl Wates menuju Sedayu, hampir bisa dipastikan paling tidak ketemu 1-2 pengendara yang lampu stoplamp mati.

Stoplamp yang mati, yang dibelakang tidak tahun jika kendaraan depan mau berhenti

Masukan untuk pabrik kendaraan bermotor, setidaknya ada semacam indikator di dashboard kalau lampu rem mati / putus ini akan lebih bagus. Jadi pengemudi bisa langsung mengetahui langsung melakukan penggantian bohlam lampu atau cek. Yang umum terjadi kadang pengemudi tidak nyadar kalau lampu remnya mati, tidak cek atau bahkan tidak pernah memperhatikan. Secara kelistrikan hal ini sebenarnya bisa dibuat dengan mudah. Masukan lain buat penegak hukum dalam hal ini polisi juga bisa ada razia terkait kelengkapan dan aksesori stop lamp, sepertinya halnya cek spion, cek SIM, cek knalpot karena stoplamp juga menjadi penting bagi kepentingan bersama di jalan raya.

Imam Suharjo: