Akreditasi Mercu Buana Yogyakarta

Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas serta mewujudkan Visi Menjadi Universitas Unggul, Mutu, dan Bermanfaat bertaraf Internasional pada tahun 2029, beberapa agenda diupayakan Universitas Mercu Buana Yogyakarta dengan merangkul berbagai kalangan baik dari dalam maupun dari luar negeri. Secara fisik upaya tersebut dapat dilihat dari pembangunan berkelanjutan untuk memberikan kenyamanan dan kelancaran proses pendidikan, serta dapat diamati dari kinerja dan prestasi Civitas akademik Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang terdiri dari Mahasiswa, Dosen, Tenaga Kependidikan dan Tenaga Pendukung lainnya. 

Peningkatan Kualitas dan standar salah satunya dengan mengikuti Akreditasi Institusi. Akreditasi Mercu Buana Jogja hari ini 29 Desember 2016 baru saja di umumkan di web resmi BAN PT. Pengumuman ini disambut gembira oleh semua civirtas akademika Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Universitas Mercu Buana Yogyakarta melalui SK : 3002/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016 pada tangga 20-12-2016 mendapatkan Peringkat Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) B. Akdreditasi ini akan berlaku 5 Tahun hingga 20 Desember 2021.

Pengumuman ini merupakan hasil dari Borang yang telah dikirimkan dan proses Visitasi pada beberapa bulan sebelumnya. Sementara itu Universitas Universitas Mercu Buana Jakarta dengan SK : 3000/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016 mendapatkan Akreditasi A dengan masa berlaku sama hingga 2021.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) mengungkapkan terdapat sembilan perguruan tinggi swasta yang mendapat akreditasi A oleh BAN-PT pada 2016.

“Perguruan tinggi swasta yang dulu tak pernah dapat, pada 2016 ada sembilan yang masuk akreditasi A,” kata Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir di kantor Kemristekdikti, Senayan, Jakarta, Rabu (28/12).

Ia merinci masing-masing perguruan tinggi tersebut, yaitu:

  • Universitas Mercu Buana,
  • Akademi Kepolisian (Akpol)
  • Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  • STIE Perbanas Surabaya
  • Universitas Bina Nusantara
  • Institut Teknologi Telkom Bandung
  • Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta
  • Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya
  • Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) Jakarta.

Info lengkap tentang akreditasi Perguruan Tinggi lain bisa dilihat di wesbite http://ban-pt.kemdikbud.go.id/hasil_aipt.php

editor1: