Punya siapa IP Publik yang di Jual di Marketplace?

Saat ini ada orang yang jual IP Publik bijian (satuan) bukan 1 blok IP /24 atau /25 dan seterusnya. Alamat IP bisa digunakan tanpa harus langganan ISP Secara khusus. Selain satuan ada juga yang jual beberapa IP dengan masking /29 atau yang lain, biasanya lebih murah.

Siapa yang membutuhkan IP Publik?

IP publik static umumnya digunakan untuk keperluan remote Mikrotik, CCTV, Web Server dan port forwarding. Ada Tulisan lama saya terkait IP Publik di sini. Jika IP publik langsung tertanam di router kita maka masalah lebih mudah dan murah untuk diselesaikan. Kestabilan Akses sangat tergantung pada Koneksi kita.

Jika kita menggunakan pihak lain untuk dapat IP Publik makan Koneksi stabil, support untuk koneksi bisa jadi pertimbangan tambahan anda. IP Publik pihak ketiga bisa digunakan dengan cara VPN, VPN baik dial di router maupun di handphone anda. Sistem Sewa System berlangganan untuk 1 bulan pemakaian, bisa di perpanjang jika masih dibutuhkan.

IP address ini punya siapa?

Block IP address yang dijual sewakan ini punya siapa? Blok IP address umumnya dimiliki oleh peusahaan Layanan Internet (ISP), Perusahaan, Pendidikan atau perusahaan lain yang menggunakan layanan IP Trasnsit. Jika di Indonesia IP Transit (BGP Routing) bisa langsung berhubungan dengan APJII. Bisa juga seseorang menggunakan jasa Collocation baik di Indonesia ataupun dimanapun dan dia mendapatkan beberapa IP Publik.

Secara Teknis siapa pemilik asli IP Publik bisa dicari dengan menggunakan WHOIS IP. Dari sini akan terlihat siapa pengelola IP /blok IP tersebut. Bisa jadi yang “menjual” IP tersebut bukan nama yang terdaptar di WHOIS, mungkin pihak lain yang menggunakan jasa layanan dan dijual kembali.

Bagaimana Cara Menggunakan?

Umumnya pembelian IP dipathok dengan harga kisaran 80-100an ribu per bulan. IP ini bisa digunakan jika sudah diaktifkan oleh pengelola IP. IP Publik ini sebenarnya berada jauh disana di datacenter atau di lokasi tempat penjual berada. Sehingga Koneksinya akan banyak tergantung banyak hal antara lain

  • Koneksi kita ke IP lokasi IP Publik ini (Koneksi langganan kita)
  • Koneksi dari IP Publik keluar. (Koneksi Langganan di lokasi IP Publik)

Cara menggunakannya secara umum bisa menggunakan VPN seperti PPTP, l2TP atau model Sitse to Site VPN. Hal ini tergantung pada server apa yang diaktifkan disana. Sebaga pengguna kita ikut standar protokol mereka.

Aspek Keamanan Bagaimana?

Secara Teknologi koneksi menggunakan VPN sangat aman bisa dijamin aman dalam perjalanan data melalui Internet. Aspek keamanan yang yang tidak/kurang dikertahui adalah keamanan data saat koneksi kita melalui server VPN pada penyedia layanan IP Publik ini. Apakah data kita lewat saja atau data kita diintip. Hal ini perlu ditanyakan dan dipastikan secara baik pada penyedia layanan IP Publik.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *